Pengertian dan Sejarah singkat Munculnya Blog

Pengertian blog mungkin sudah tidak asing lagi bagi telinga anda yang berkecimpung di dunia internet marketing. Blog merupakan sebuah wadah yang digunakan oleh pemiliknya untuk “media penyampaian informasi”. Baik itu berupa artikel, video, gambar, dan lain-lain yang berisi seputar informasi seperti hobi, curahan hati, ataupun tutorial.

Sejarah Perkembangan Blog

sejarah singkat blog dan pengertian blogBlog pada awal mula diciptakan oleh Pyra Labs dengan platform Blogger.com, sebelum akhirnya Pyra Labs diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Sejak saat itu mulai bermunculan platform lain yang mengenalkan produk-produk dari masing-masing perusahaannya untuk bersaing dengan platform blogger.com milik PyraLab seperti WordPress.org, Drupal, Tumblr, Joomla, dan lain sebagainya.

Sejak munculnya banyak platform untuk membuat blog hingga saat ini semakin banyak pengembangan yang ditingkatkan sehingga menjadikan platform tersebut mempunyai fungsi dan fitur yang powerfull.

Bagaimana Memilih Platform Blog Terbaik ?

Platform blog terbaik hingga saat ini yang paling banyak digunakan adalah WordPress dan Blogger. Karena selain user friendly kedua platform tersebut sangat baik untuk optimasi blog / website, sehingga untuk persaingan dihalaman satu google itu mudah.

WordPress dan Blogger kini menjadi rival semenjak WordPress mengeluarkan fitur SEO Friendly seperti Plugins, Custom Taxonomy untuk optimasi blog sehingga mampu bersaing di halaman satu google.

Mudahnya sistem yang dibangun oleh WordPress dengan sebuah konsep “Content Management System” membuat para webmaster kini beralih menggunakan platform tersebut. Selain mudah dalam penggunaan, WordPress juga mampu mendukung untuk optimasi SEO.

Platform WordPress juga unggul ketika sebuah layanan penyedia Hosting membuat script autoinstaller pada layanan khusus untuk mempermudah installasi WordPress self hosting. Dengan layanan ini semakin banyak layanan Jasa SEO dan pakar Webmaster yang menggunakan WordPress. Karena untuk kriteria WordPress Self Hosting sangat mendukung penambahan Fitur seperti mengubah template / theme premium, SEO Plugins, dan beberapa fitur lainnya.

Berbeda dengan Blogger yang mengedepankan konsep mudah, dan gratis meskipun pada platform WordPress juga menyediakan fitur gratis namun tidak seperti Blogger.com. fitur Blogger meskipun gratis dengan memakai default url “namadomainkamu.blogspot.com” mampu bersaing di halaman satu google tanpa menggunakan fitur tambahan Plugins SEO. Untuk membuat situs blog dengan platform Blogger kita hanya perlu menambahkan beberapa Script yang disisipkan di dalam theme/template untuk bersaing di halaman satu google. Seperti penambahan meta description tag, meta keyword, meta robots dan lain-lain. Blogger juga menyediakan fitur “customrobot.txt” untuk mempermudah “index” dan “crawl” google.

Setiap produk pasti ada kelebihan dan kelemahan dari masing-masing produk. Baik WordPress atau Blogger sebenarnya untuk optimasi tergantung pada si pemilik blog tersebut. Jika pemilik blog mampu mengetahui “cara SEO (Optimasi Mesin Pencari) pada blog atau website” yang dia miliki pasti untuk bersaing di halaman satu google itu mudah. Jadi, tidak perlu berfikir panjang untuk memulai membangun situs, WordPress atau Blogger itu sama saja karena untuk Teknik SEO Blog sudah tersedia dan tersebar secara gratis di pencarian Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *