3 Faktor Penting yang Mempengaruhi SEO

Pada pertemuan sebelumnya saya sudah mengulas mengenai “Cara Optimasi On Page SEO” dan juga “Cara Optimasi Off Page SEO”. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai 3 Faktor Penting yang Mempengaruhi SEO.

3 faktor penting yang mempengaruhi seoDalam dunia blogging terutama SEO banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi identitas suatu blog/website seperti: index, reputasi website, dll. faktor tersebut juga terkadang banyak yang dilupakan oleh para blogger terutama dalam penerapan Teknik SEO, baik On-Page SEO maupun Off-Page SEO.

Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi SEO selain On Page SEO & Off Page SEO ?

Menurut saya ada beberapa macam faktor yang mempengaruhi SEO, tetapi dalam hal ini hanya 3 faktor saja yang akan saya ulas. Untuk itu mari langsung saja kita simak, apa saja 3 Faktor Penting Yang Mempengaruhi SEO:

  1. Relevansi: Memberikan hasil pencarian yang relevan dengan yang dicari oleh pengunjung. contoh: Ketika pengunjung mengetikkan kata kunci “cara menjadi halaman satu”, tentu Google ingin menampilkan situs-situs tentang “cara menjadi halaman satu” di halaman pencariannya. Jika Google gagal melakukan hal tersebut, tentu pencari akan beralih ke search engine lain.
  2. User Experience
    • Google, Dilain sisi selain ingin menampilkan relevansi juga ingin menampilkan hasil yang user experience kepada pencari. Sebagai contoh: kita mencari keyword “nabila JKT48” tetapi malah sampai ke situs yang rusak karena navigasinya buruk sehingga kesulitan mencari informasi tentang “nabila JKT48“, maka si pencari akan menekan tombol back dan cari ke situs lain, google akan mengasumsikan bahwa situs ini tidak bagus. karena user experience menentukan tingkat ketahanan blog disuatu halaman. Indikasi yang google lihat untuk menentukan user experience tersebut adalah bounce rate atau “tingkat seberapa betah pengunjung ada di blog Anda”. Semakin tinggi bounce rate Anda, maka semakin rendah skor website Anda di mata Google. Average page views per visit Anda juga berpengaruh, semakin sedikit, semakin rendah skor Anda di mata Google. Di sisi lain, semakin rendah bounce rate Anda, maka semakin tinggi posisi Anda di Google. Bagaimana Google tahu “bounce rate” Anda? Pertama dari Google Analytics (jika Anda memasangnya), dan yang kedua dari pengunjung yang menekan tombol “back” di browser mereka SEGERA setelah mereka sampai ke situs Anda.
    • Kualitas Konten, Ada kecenderungan kualitas konten yang mempunyai ketahanan dan ranking tinggi bukan karena internal link dan DA (Domain Authority) tinggi namun si web tersebut punya kualitas konten yang bagus dan lebih dari 1000 kata.
    • Outbond dan Inbound, Halaman yang relevan itu adalah termasuk faktor “user experience” yang bagus. Google mengasumsikan bahwa situs dengan banyak link ke artikel lain yang relevan merupakan salah satu indikator user experience yang bagus. Tentu saja, karena dengan inbound link dan outbound link ke halaman yang relevan, user bisa mencari tahu lebih banyak tentang suatu topik dengan lebih mudah. Para pemula sering salah paham dan mengira bahwa semakin banyak link yang keluar dari situsnya, maka semakin buruk posisinya di Google. Padahal jika yang ia link merupakan halaman yang relevan, justru hal sebaliknya lah yang terjadi.
    • Porsi Menahan Diri dari Iklan, Menahan diri dari iklan maksudnya adalah menghindari memasang iklan yang sifatnya mengganggu pengunjung seperti: “pop-up iklan” dan terlalu banyak pasang iklan di blog itu akan mengakibatkan bounce rate semakin tinggi (pengunjung akan mudah kabur).
    • Kecepatan Situs, Pastikan pilih theme yang bagus dari penyedia theme profesional. pilihlah theme / template yang SEO Friendly dan Responsive misalnya: menggunakan template gratis SEO Friendly WooThemes (http://www.woothemes.com/), atau premium theme seperti Genesis (http://my.studiopress.com/themes/genesis/) atau bisa juga menggunakan Thesis (http://diythemes.com/).
    • Kurangi Plugins, Jika anda menggunakan platform wordpress sebaiknya kurangi penggunaan Plugins, agar tidak berpengaruh pada loading theme.
    • Jangan Terlalu Banyak Gambar.
  3. Crawlability dan Indexation: Intinya adalah kemudahan situs anda untuk dicrawl oleh Google. halaman yang terlalu banyak flash, javascript, iframe itu lebih sulit dicrawl oleh google. sehingga mempengaruhi ranking. google bisa meng-crawl gambar tapi dia tidak tahu itu gambar apa, tapi dia tahu melalui “alt”. karena google itu adalah robot yang punya sumber daya yang terbatas maka secara otomatis akan susah untuk meng-crawl satu-persatu halaman yang tidak disukai google.

Semoga ulasan mengenai 3 Faktor Penting yang Mempengaruhi SEO bisa bermanfaat untuk Anda. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *