preloader

LSI Keyword: Pengertian, Cara Kerja, & Manfaatnya untuk SEO

Apa Itu LSI Keyword? Seberapa Besar Manfaatnya untuk SEO?

Latent Semantic Indexing atau biasa disingkat LSI merupakan algoritma Google yang memiliki faktor sangat penting di dalam sistem ranking Search Engine Result Page (SERP). Diketahui bahwa keberadaan LSI ini akan memetakan dan menemukan hubungan antar keyword yang didasarkan pada pola pencarian serta karakter para penggunanya. Lalu, sebenarnya apa itu LSI keyword? Seberapa besar manfaatnya untuk SEO?

Pengertian LSI Keyword

LSI keyword merupakan keyword yang memiliki hubungan dengan keyword utama. Penggunaannya berfungsi untuk menginformasikan kepada mesin pencarian mengenai suatu hal yang sedang dibahas di dalam halaman website.

Misalnya saja saat Anda membuat artikel mengenai “Optimasi SEO”, kemudian ada orang lain yang mencari di internet dengan mengetikkan “Optimasi SEO”, secara otomatis mesin pencarian akan langsung menampilkan deretan informasi yang memiliki kaitan dengan Optimasi SEO.

Diketahui bahwa Optimasi SEO ini pembahasannya sangatlah luas. Oleh karena itu, saat Anda membuat artikel mengenai Optimasi SEO, maka akan lebih baik jika turut memberikan keyword yang memiliki hubungan yang spesifik dengan Optimasi SEO. Misalnya “Cara Mengoptimasikan SEO” dan sebagainya.

Dengan memahami secara baik mengenai LSI ini, maka akan sangat membantu Anda di dalam meningkatkan peringkat website di dalam mesin pencarian. Sehingga citra website Anda akan semakin baik di mata pengguna internet dan semakin mudah untuk ditemukan.

Cara Kerja LSI

Setelah Anda mengetahui apa itu LSI, kini saatnya Anda mengetahui bagaimana sebenarnya LSI ini bekerja. Anda tidak perlu untuk mengetahui cara kerja secara dasarnya yang akan menyulitkan karena turut melibatkan rumus matematika. Sehingga, cukup untuk mengetahui secara garis besarnya saja.

Di mana mesin pencarian akan mencari persamaan dari kata yang Anda gunakan. Kemudian kata yang Anda gunakan tersebut akan diidentifikasi dengan menggunakan kata-kata yang terhubung secara semantik. Lalu mesin pencari pun akan mengelompokkannya. Di sinilah peran LSI yang tidak hanya akan memberikan konteks dari konten Anda saja untuk para pengguna internet, tetapi juga untuk mesin pencarian.

Manfaat LSI Keyword

Penggunaan LSI bisa memberikan manfaat yang besar untuk website Anda. Apa saja manfaat tersebut?

1. Meningkatkan Peringkat di Mesin Pencarian

Setiap pemilik website tentunya ingin mendapatkan peringkat atau ranking teratas di dalam mesin pencarian. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan LSI keyword.

Di mana dengan menggunakan LSI pada konten bisa membantu mesin pencarian untuk memahami secara lebih baik halaman konten Anda. Dengan begitu, mesin pencarian bisa menaikkan peringkat di website Anda.

2. Meningkatkan Relevansi Pada Konten

Diketahui bahwa LSI ini mampu untuk meningkatkan relevansi pada konten. Di mana dengan menambahkan keyword yang memiliki keterkaitan dengan topik yang Anda bahas di konten akan sangat membantu konten yang lebih relevan. Dikarenakan nantinya Anda tidak akan memberikan beban pada konten dengan adanya keyword utama.

3. Mampu Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website

Dengan menggunakan LSI di konten bisa membantu Anda di dalam memberikan user experience yang lebih baik. Ketika Anda memberikan LSI, para pengguna internet yang mengetikkan keyword dengan topik yang sedang Anda bahas, maka bisa langsung menemukan konten Anda.

Sehingga, hal ini pun ampuh untuk meningkatkan jumlah pengunjung di website karena adanya LSI keyword yang dimasukkan dalam konten Anda.

Cara Mencari LSI Keyword

Untuk mendapatkan LSI keyword, ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan. Apa saja cara-cara tersebut?

1. Menggunakan Fitur Autocomplete

Jika Anda menggunakan mesin pencarian Google, pastinya Anda akan diberikan beberapa rekomendasi keyword di kolom pencarian tersebut. Inilah yang disebut dengan fitur Autocomplete yang berfungsi untuk memudahan Anda ketika sedang melakukan pencarian.

Melalui fitur ini, Google akan menampilkan beberapa kata yang sering dicari oleh para pengguna Google. Anda bisa menggunakan keyword yang ditampilkan oleh fitur Autocomplete untuk menjadi referensi Anda ketika membuat suatu konten.

Misalnya saja saat Anda ingin membuat konten yang berhubungan dengan Optimasi SEO. Saat Anda mengetikkannya di mesin pencarian dengan kata Optimasi SEO, maka akan banyak referensi yang ditampilkan Google, seperti optimasi SEO on page adalah, optimasi SEO off page adalah, dan sebagainya. Kemudian tentukan yang menurut Anda paling tepat untuk dimasukkan di konten Anda.

2. Menggunakan LSI Keyword Tools

Setelah mengetahui apa itu LSI dan seberapa besar manfaatnya untuk SEO Anda bisa menemukan LSI keyword dengan menggunakan beberapa tools yang tersedia secara gratis. Beberapa tools tersebut diantaranya:

  • LSIKeywords

LSIKeywords menjadi salah satu tools yang banyak digunakan. Tools ini bisa membantu Anda dalam mencari LSI keyword untuk 10 topik secara sekaligus. Namun, akan lebih baik jika Anda mencari satu topik saja di dalam satu pencarian supaya LSI keyword lebih akurat.

  • Google Keyword Planner

Tools selanjutnya adalah Google Keyword Planner yang bisa Anda gunakan setelah memiliki akun Google Ads terlebih dahulu. Nantinya Anda akan ditampilkan dengan kolom, di mana Anda disarankan untuk berfokus kepada kolom Average Monthly Searches dan Competition. Pastikan Anda memilih LSI keyword yang bervolume pencarian tinggi dan tingkat kompetisinya rendah.

  • Ubbersuggest

Tools gratis yang juga bisa Anda gunakan untuk menemukan LSI keyword adalah Ubbersuggest. Di tools ini Anda bisa melihat volume pencarian secara bulanan, tingkat kompetisinya, dan tren pencarian dari masing-masing LSI keyword yang ada di kolom Trend.

3. Memasukkan Topik Ke Google Image

Memasukkan topik Anda ke Google Image bisa membantu dengan lebih mudah untuk menemukan LSI keyword. Misalnya saja Anda mengetikkan kalimat “cara meningkatkan traffic website” di Google Image. Setelah itu Anda bisa melihat beberapa tag di hasil pencarian, seperti digital marketing, SEO, pemasaran, dan sebagainya.

Munculnya beberapa tag tersebut dikarenakan Google telah mengganggap yang paling relevan dengan topik yang sedang Anda cari. Dalam hal ini memiliki peran yang sama dengan LSI dan bisa Anda masukkan ke konten untuk meningkatkan relevansi pada topik yang dipilih.

4. Melihat Hasil Pencarian Yang Terkait

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mencari LSI keyword adalah dengan melihat hasil pencarian yang terkait. Ini bisa Anda temukan di halaman pencarian, kemudian Anda scroll ke bawah. Di bagian paling bawah itulah terdapat penelusuran yang terkait jika Anda mengetikkan suatu topik tertentu.

Misalnya jika Anda mengetikkan kata SEO, maka akan muncul beberapa penelusuran seperti apa itu SEO, cara membuat SEO, SEO tutorial, cara kerja SEO, dan masih banyak lagi. Di sinilah Anda bisa menemukan kata-kata yang memiliki potensi keterkaitan dengan topik yang dipilih.

Menyadari bahwa LSI sangatlah berperan penting untuk SEO dan juga peringkat website Anda di mesin pencarian. Sehingga akan lebih baik jika Anda mengetahui apa itu LSI dan manfaatnya untuk SEO, Barulah Anda bisa mencari LSI keyword dengan salah satu dari beberapa cara tersebut.

Related Post

1 Comment

  • wulan febriolita December 31, 2020

    artikelnya sangat bermanfaat, jangan lupa kunjungi website kami juga ya di https://jos.co.id/ Semoga sukses selalu 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *