preloader

Meta Tag: Pengertian, Fungsi, dan Penerapannya untuk SEO

Meta Tag: Pengertian, Fungsi, dan Penerapannya untuk SEO

Bagi Anda yang saat ini tengah mengelola sebuah website, pastinya sedang berusaha untuk bisa meningkatkan traffic di website menggunakan Search Engine Optimization (SEO). Di dalam teknik SEO inilah, otomatis Anda akan menjumpai perintah untuk mengoptimasikan meta tag. Sehingga, penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian meta tag, fungsi, dan penerapannya untuk seo.

Dengan memahami secara lebih mendalam terkait tag meta, Anda pun akan lebih mudah untuk bisa mengoptimalkan SEO di website serta mencapai apa yang diinginkan untuk website Anda. Mengingat saat ini semakin banyak kompetitor yang juga berlomba-lomba untuk meningkatkan traffic di website-nya, sehingga Anda pun juga harus terus berusaha untuk turut menjadi website yang unggul di mesin pencarian.

Pengertian Meta Tag

Meta tag merupakan deskripsi yang ditampilkan di halaman mesin pencarian. Tag meta ini bisa menjadi alat bantu yang sebenarnya tidak terlalu kelihatan di laman website, tetapi memiliki peran yang sangat penting. Di mana keberadaannya bisa untuk menjelaskan pada mesin pencarian Google mengenai isi dari konten Anda yang ada di website.

Perlu diketahui bahwa tag meta ini tidaklah ditulis secara bersamaan dengan isi konten. Tetapi ditulis dalam bentuk script di file HTML website Anda. Letaknya berada di antara tag “dan” pada bagian halaman source code.

Jenis-Jenis Meta Tag

Meta tag terdiri dari tiga jenis yang berupa Meta Title, Meta Description, dan Meta Keyword. Penjelasan dari ketiganya adalah sebagai berikut.

1. Meta Title (Tag Title)

Meta Title adalah judul di halaman website yang muncul pada hasil pencarian Google. Bagian ini yang akan Anda lihat pertama kalinya pada hasil pencarian. Dengan begitu, Anda pun perlu untuk membuat Meta Title dengan semenarik dan seunik mungkin agar pengguna internet terdorong untuk membukanya.

Kesalahan yang kerap kali dilakukan saat membuat Meta Title ini adalah tulisan yang terlalu panjang atau terlalu pendek. Di mana ketika terlalu panjang, maka tampilannya akan terpotong dan jika terlalu pendek maka tidak bisa mendeskripsikan isi konten dengan jelas.

Kesalahan lainnya adalah menampilkan Meta Titel lebih dari satu. Jika ada dua meta Title, maka bisa jadi Google menampilkan Meta Title yang tidak sesuai dengan keinginan Anda. Dan penggunaan Meta Title yang sama dengan page lainnya.

Untuk membuatnya agar lebih menarik dan unik, maka masukkanlah keyword yang akan Anda gunakan, sesuaikan dengan isi dari konten Anda, serta hindari untuk membuatnya dengan terlalu panjang. Anda bisa membuatnya dengan maksimal 60 karakter

2. Meta Description (Meta Deskripsi)

Meta Description adalah tag HTML yang isinya berupa penjelasan secara singkat tentang isi halaman website. Anda bisa menemukan Meta Description ini di bagian bawah Meta Title.

Untuk membuat Meta Description yang SEO friendly, maka Anda haruslah menulis deskripsi yang sesuai dengan isi konten Anda. Kemudian jangan lupa untuk turut memasukkan keyword di dalam Meta Description. Pastikan jumlah karakternya tidak berlebih, yakni maksimal 156 karakter. Dan buatlah agar isi dari Meta Description sesuai dengan isi di halaman website Anda.

3. Meta Keyword (Kata Kunci)

Di dalam tag meta, terdapat Meta Keyword yang merupakan bagian dari jenis tag meta. Meta Keyword sendiri merupakan informasi kata kunci yang digunakan oleh website. Keberadaan dari Meta Keyword inilah yang akan menginformasikan kepada mesin pencarian tentang isi dari artikel yang ada di website Anda.

Pastikan agar kata kunci yang Anda berikan sudah tepat, supaya website Anda bisa lebih mudah untuk ditemukan di dalam mesin pencarian Google. Kemudian kata kunci tersebut juga haruslah relevan dengan isi konten Anda. Agar lebih mempermudah Anda, maka bisa dengan memanfaatkan beberapa tools yang sudah tersedia. Seperti KWFinder, Google Suggest, dan Google Keyword Planner.

Fungsi Meta Tag

Keberadaan meta tag di halaman website sangatlah penting di dalam membantu Google untuk mengindeks website Anda. Di mana nantinya Google akan melakukan pencocokan keyword pada halaman dengan pencarian. Sedangkan dari sisi pengguna internet, mereka bisa lebih mudah untuk mengetahui gambaran tentang isi dari konten di website Anda.

Oleh karena itu, di dalam Meta Description sangat dianjurkan agar dibuat semenarik mungkin agar orang lain merasa penasaran. Sehingga mereka akan meng-klik website Anda tersebut. Dengan Anda menulis Meta Title serta Meta Description yang menarik, hal ini dinilai sangat ampuh untuk meningkatkan traffic di website Anda.

Perlu diketahui, meskipun Google tidak lagi menggunakan Meta Keyword di dalam algoritma untuk menentukan hasil pencariannya, namun penggunaan Meta Keyword ini tetap disarankan. Karena dengan adanya Meta Keyword mampu untuk mengoptimasi website Anda.

Selain itu, tag meta juga penting di dalam memberikan informasi tentang judul dan deskripsi halaman website Anda kepada para pengguna internet. Jadi, para pengguna internet ini sebelum membuka website Anda bisa membaca gambaran besarnya terlebih dahulu. Jika dirasa menarik dan sesuai dengan apa yang mereka cari, maka website Anda pun akan di-klik oleh mereka.

Cara Memasang Meta Tag

Di dalam tag meta juga menjelaskan mengenai cara memasang tag meta yang tepat. Karena tag meta terdapat tiga jenis, sehingga pastikan bahwa penyusunannya dilakukan secara benar. Susunan tag meta yang benar adalah sebagai berikut.

– Meta Title: <Title>Title Website Anda</Title>

– Meta Description: <Meta Content=’Description Website Anda’ Name=’Description’/>

– Meta Keyword: <Meta Content=’Keyword Website Anda’ Name=’Keywords’/>

Jika Anda menggunakan WordPress, maka Anda bisa meng-install plugin Yoast SEO dan mengaktifkannya. Jika sudah diaktifkan, maka Anda bisa mulai menambahkan Meta Title, Meta Description, dan Meta Keyword dengan cara berikut ini.

1. Menambahkan Meta Title

Untuk menambahkan Meta Title, Anda bisa membuka post yang akan ditambahkan Meta Title. Lalu scroll ke bawah sampai menemukan pengaturan Yoast SEO. Di tab SEO, terdapat snippet dan klik “Edit Snippet” untuk menambah Meta Tag.

Anda harus mengisikan kolom SEO Title terlebih dahulu. Tanda bahwa judul konten yang Anda buat sudah baik adalah terdapat tanda berwarna hijau.

2. Menambahkan Meta Description

Untuk menambahkan Meta Description, Anda bisa langsung mengisikannya di kolom yang sudah disediakan. Meta Description ini nantinya akan digunakan oleh Google untuk snippet yang akan ditampilkan.

Sehingga Anda perlu utnuk mengisikannya, meski bukan menjadi faktor yang penting di dalam menentukan peringkat website Anda di dalam halaman pencarian.

3. Menambahkan Meta Keyword

Di dalam memberikan Meta Keyword, maka Anda harus mengaturnya terlebih dahulu di Yoast SEO. Caranya adalah dengan membuka tab “Title & Meta > Other”. Lalu aktifkan User Meta Keyword dan simpan perubahannya.

Di bagian bawah snippet, Anda bisa melihat kolom Meta Keyword yang bisa Anda isi. Masukkan keyword yang tidak lebih dari 10 keyword. Setelah itu, simpan perubahan dengan meng-klik tombol “Update”.

Jika judul yang Anda isikan di kolom sudah baik dan memenuhi kriteria, maka akan ada tanda hijau yang muncul.

Dengan mengetahui pengertian, fungsi, dan penerapan meta tag untuk seo, maka ini menjadi salah satu usaha Anda untuk meningkatkan hasil pencarian di mesin pencarian. Di mana dengan membuat pengguna tertarik untuk meng-klik website Anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *