preloader

Apa itu SEO? Seberapa Penting SEO untuk Kepentingan Bisnis Anda?

Apa Itu SEO

Bagi para pembuat konten, pebisnis online dan pelaku kegiatan dunia maya lain Anda tentu pernah dengar tentang apa itu SEO. Kebutuhan optimasi untuk kebutuhan internet ini adalah sesuatu yang penting dan mendasar. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization dan merupakan jalan untuk mudah ditemukan di internet. Bagi Anda yang tertarik untuk belajar dan memahami tentang apa itu SEO, mari simak lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Apa Itu SEO?

Banya orang bertanya-tanya mengenai apa itu seo. Secara sederhana SEO adalah teknik untuk membuat konten lebih mudah ditemukan pada search engine. Konsep SEO sendiri muncul seiring makin pentingnya peran Google dalam pengumpulan informasi seputar website.

SEO atau Search Engine Optimization merupakan upaya dalam mengoptimasi website agar bisa mendapatkan peringkat teratas di hasil mesin pencarian. Dengan website Anda mendapatkan rangking yang tinggi pada hasil pencarian, potensi dari traffic organic pun ikut meningkat. Tidak hanya itu, SEO bisa membantu Anda untuk mendapatkan traffic secara tepat. Jadi, Anda tidak sekedar mendapatkan dan fokus di traffic yang tinggi, namun juga traffic tepat yang mana sesuai dengan tujuan dari situs atau website yang Anda miliki.

Dalam hal ini Google dapat dengan mudah menunjukan website, blog atau konten tergantung kata kunci yang diberikan. Jika keyword cocok dengan konten, Google akan menunjukkannya pada list penemuan. Posisi penemuan ini akan berbeda tergantung kualitas optimasi. Semakin tinggi tingkat optimasi yang digunakan makin tinggi juga posisi mereka di list search Google.

Untuk lebih mengerti tentang apa itu seo, mari bahas dengan contoh. Misalkan saja, Anda adalah seorang blogger film. Konten Anda berfokus pada bahasan berita, reviews dan juga artikel opini dunia perfilman. Saat seseorang memasukan kata kunci film, berita film ataupun review film di Google, Anda mengharapkan blog Anda muncul di list pencarian tersebut.

Jika ingin blog Anda muncul di halaman pertama, Anda harus gunakan SEO untuk optimasi blog tersebut. Jika diperhatikan blog dan website yang membahas film itu ada banyak. Untuk memastikan konten Anda dapat bersaing, Anda harus menyesuaikan aturan website dan setting konten agar sesuai dengan algoritma pencari data Google. Pengaturan yang dilakukan tersebut adalah yang dimaksud dengan SEO.

Pentingnya SEO Untuk Banyak Pihak

Di era modern sekarang, internet bukanlah sekedar tempat senang saja. Hal seperti usaha bisnis, pengembangan bakat, bertukar ilmu dan membuat komunitas juga sudah dijadikan fokus bagi banyak orang. Bagi mereka yang berkutat dan beroperasi di internet, kebutuhan mudah ditemukan adalah hal penting. Jadi SEO adalah hal yang harus mereka kuasai.

Walau banyak yang melek internet, banyak orang yang tidak tahu apa itu SEO. SEO adalah teknik yang lebih dipahami oleh pelakon di internet. User jarang ada yang mau menggali lebih dalam soal pengetahuan seputar apa itu SEO. Alhasil user yang ingin jadi pelakon, kaget bahwa persaingan di internet melibatkan sistem yang kompleks seperti ini.

Bagi user biasa, SEO mungkin tidak terlalu diperlukan. Tapi bagi penyedia di internet, SEO adalah satu – satunya jalan untuk bisa dilihat banyak orang. Dari bahasan sebelumnya, Anda bisa bayangkan betapa sulitnya menjadi menonjol di Internet. Dari sekian banyak website yang ada, kebanyakan orang hanya melihat pilihan halaman awal search engine.

Tidak jarang orang yang sadar akan pentingnya SEO akhirnya meluangkan waktu banyak untuk belajar soal ini. Belajar SEO sudah bisa dilakukan dengan otodidak karena ilmu SEO sekarang sudah banyak tersedia di Internet. Tapi untuk Anda yang ingin lebih cepat ahli, penyedia layanan kursus SEO juga bisa dijadikan solusi.

Tanpa belajar SEO dengan baik, bisa dipastikan brand, usaha dan pemilik website tidak akan mendapatkan kesempatan dipilih oleh user. Contoh saja website hobi. Walau dibuat karena hobi, website ini bisa jadi pemasukan bagi pembuatnya saat pertama muncul jadi pilihan awal search engine.

Pemilik website hobi tersebut bisa memasang iklan pada website untuk mendukung biaya perawatan website. Jika besaran user yang datang banyak, hasil pendapatan iklan bahkan bisa jadi membantu membiayai hidup dan modal untuk membuat konten hobi baru.

Sayangnya tidak semua orang bisa mendalami tentang SEO secara mendalam. Untuk memahami apa itu SEO, proses belajar harus dilakukan dalam waktu lama. Aspek SEO sendiri sering berubah tergantung dari algoritma, trend dan juga perkembangan teknologi. Karena itu, terkadang orang lebih memilih menggunakan Jasa SEO dibanding menerapkan teknik SEO pada websitenya sendiri.

Peran Keyword Dalam SEO

Saat membahas mengenai apa itu SEO, Anda tidak bisa melepaskannya dari keyword. Secara sederhana keyword adalah kata utama yang ingin dikembangkan untuk membuat paragraf ataupun artikel. Tapi dalam hal SEO, keyword memiliki arti berbeda.

Keyword adalah kata kunci atau frasa yang ada dalam konten online dan berfungsi sebagai bahan yang mudah di cari oleh search engine. Anda yang pernah pakai Google tentu paham hal ini. Saat ingin cari info tentang beli smartphone misalnya, Anda harus ketik keyword di situ. Penggunaan frasa seperti “beli smartphone murah”, “smartphone samsung 2 jutaan” dan “di mana beli smartphone murah?” bisa jadi dalam search bar kata-kata tersebut yang diketik.

Dari segi pelaku internet, keyword ini bisa dimanfaatkan untuk menarik user ke website mereka. Menggunakan contoh di atas, banyak penjual memasang artikel dengan kata – kata yang mirip keyword tersebut. Saat kata – kata cocok, Google akan menunjukan website penjual ke user yang mencarinya. Jika ranking SEO tinggi, pilihan website penjual bisa jadi yang pertama dilihat oleh user. User sendiri condong klik pilihan awal yang ditawarkan oleh search engine ini. Jadi peran SEO penting untuk menarik perhatian user.

Dalam penggunaanya, tentu keyword tidak sembarangan dipakai dalam konten. Anda harus tahu bagaimana orang memasukan keyword untuk mencari informasi. Dari sini, Anda buat konten yang mengandung keyword dan juga informasi yang dibutuhkan user.

Perlu diperhatikan bahwa keyword juga ada persaingannya. Makin banyak orang membuat konten dengan keyword yang sama, persaingan agar bisa tampil di halaman depan Google makin ketat. Karena itu, banyak orang berusaha menghindari persaingan dengan menggunakan keyword yang unik dan berbeda dari lainnya.

Berbagai Jenis Keyword Untuk SEO

Setelah Anda tahu betapa pentingnya penggunaan keyword dalam melakukan SEO, sekarang waktunya belajar tentang jenis keyword. Jenis keyword sebenarnya ada banyak, tapi di sini mari fokus pada tipe yang paling sering digunakan. Berikut adalah bahasannya:

1. Short-Tail Keyword

Jenis keyword yang paling populer digunakan untuk SEO adalah short-tail keyword. Kata kunci ini biasanya bersifat general dan meliputi banyak hal tapi dengan kata – kata pendek. Karena singkat dan meliputi banyak hal, keyword ini pasti lebih sering digunakan user untuk mencari informasi tertentu.

Contoh saja keyword seperti “laptop” ataupun “smartphone”. Kedua contoh ini adalah kata kunci general yang bisa digunakan untuk menemukan harga, berita, definisi dan masih banyak informasi lain seputaran laptop dan smartphone. Karena terkesan general, Google tidak akan mencarikan website spesifik dan menawarkan banyak pilihan yang sesuai kata tersebut.

Karena bersifat general, volume pencariannya tentu tinggi, tapi persaingan juga ikut tinggi. Bagi Anda yang menggunakan kata kunci singkat ini, pastikan unsur SEO lain di website Anda baik. Jika tidak mampu mengoptimasi baik dari unsur lain, silahkan coba jenis keyword lain yang lebih spesifik.

2. Long-Tail Keyword

Kebalikan dengan short-tail keyword, long-tail keyword bersifat spesifik. Keyword ini menggunakan kata yang panjang agar tidak bersaing dengan banyak pihak dengan keyword yang sama. Walaupun menggunakan keyword panjang dan spesifik, keyword tetap akan menghasilkan selama banyak orang mencari keyword yang mendekati.

Contoh saja daripada menggunakan keyword “laptop”, Anda pakai “laptop Lenovo harga 3 juta” keyword ini tentu lebih detail dan spesifik, tapi banyak orang menggunakannya saat ingin membeli laptop. Karena lebih spesifik, kecil kemungkinan banyak orang menggunakan keyword yang sama untuk konten mereka. Sekalipun ada yang sama, Anda bisa menjadi menonjol jika optimasi lain dilakukan.

3. Short-Term Fresh Keyword

Short-term fresh keyword adalah keyword yang banyak digunakan dalam lingkup waktu tertentu. Keyword ini lebih fokus pada trend dan popularitas sebuah topik. Contoh saja Anda memiliki website edukasi tentang geologis. Saat membuat konten, Anda mendengar tentang bencana alam letusan Gunung Merapi. Karena topic ini sedang hot, Anda bisa buat keyword yang berhubungan dengan bencana merapi tersebut

Walaupun terlihat simpel, keyword jenis ini sebenarnya merepotkan. Hal ini karena Anda harus selalu up to date dengan topik yang sedang trend. Hal lain yang penting diperhatikan adalah keyword bisa kadaluarsa. Saat trend berlalu, konten Anda dengan keyword ini pasti tidak lagi dicari.

4. Geo-Targeting Keyword

Geo-targeting keyword adalah keyword yang digunakan untuk menarget user di area tertentu. Biasanya keyword ini digunakan dengan menempelkan nama tempat ataupun area pada kata kunci. Karena merupakan lingkup sempit, keyword ini sangat efektif untuk kebutuhan lokal.

Misal saja, Anda pemilik usaha kuliner dengan layanan pesan online dari website. Untuk promosi, Anda buat konten artikel yang memperkenalkan berbagai produk baru yang sedap. Untuk memastikan user yang ada di area sekitar Anda tahu soal ini, Anda bisa gunakan geo-targeting keyword.

Contoh saja Anda bisa gunakan keyword “pilihan kuliner terbaru Yogyakarta”. Orang yang berusaha mencari dengan keyword kuliner dan Yogyakarta, pasti akan menemukan page artikel yang Anda buat. Hal ini pasti lebih efektif karena menghindari persaingan dengan keyword yang umum.

Mengenal On-page dan Off-page SEO

Setelah Anda mengenal keyword untuk keperluan SEO, Anda sekarang bisa mencoba belajar soal on-page dan off-page SEO. Kedua hal ini berhubungan optimasi untuk website, tapi dengan teknik yang berbeda. Berikut adalah penjelasan singkatnya:

  • Apa Itu On-page SEO?

On-page SEO merupakan teknik optimasi yang dilakukan dalam laman website. Mulai dari optimasi performa loading page, penggunaan keyword yang pas di dalam laman konten website, permalink, penggunaan heading, internal linking, sampai kualitas konten yang membuat user meluangkan waktu lama di page, adalah contoh optimasi On-page SEO.

  • Apa Itu Off-page SEO?

Off-page SEO merupakan teknik optimasi yang dilakukan dari luar laman website. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat konten yang mengarahkan orang mengunjungi website tersebut. Hal seperti guest post, iklan dan video promosi bisa jadi contoh yang paling pas. Biasanya optimasi ini juga berusaha meningkatkan brand awareness ataupun konten dalam website tersebut. Off-page SEO juga sering memanfaatkan fitur share dan link untuk meningkatkan rangking Google.

Untuk memastikan optimasi Anda maksimal, pastikan menggunakan dua teknik SEO ini. Banyak orang terkadang lebih mengutamakan On-page SEO, padahal peran Off-page SEO juga penting. Bagi yang memiliki website usaha ataupun brand, kedua jalur optimasi ini tidak boleh dilewatkan demi kesuksesan.

Jenis Teknik SEO yang Perlu Anda Ketahui

Selain memahami tentang teknik On-page dan Off-page SEO, teknik optimasi juga bisa dikategorikan dalam hal lain. Dalam sejarahnya, ada dua jenis teknik SEO yang dikenal berdasarkan dukungan Google terhadapnya. Nama teknik SEO tersebut adalah Black Hat SEO dan White Hat SEO.

  • Black Hat SEO

Black Hat SEO mampu menghasilkan rangking tinggi dengan cepat tapi terkenal kurang baik bagi user. Para pengguna cara ini adalah memanfaatkan kelemahan algoritma Google untuk mendapatkan ranking SEO yang tinggi. Pemanfaatan kelemahan algoritma ini sudah ditentang oleh Google. Jika ketahuan, Google akan langsung menurunkan ranking website tersebut sebagai hukuman.

Contoh kasus yang sering ditemukan adalah pembuatan website – website yang menawarkan barang – barang yang tidak umum. Sebut saja pedagang obat kuat yang belum resmi mendapatkan izin BPOM. Barang seperti ini sulit ditemukan di pasaran karena memang belum punya izin edar, tapi karena ada platform internet, aksesnya tidak bisa dibatasi. Anda bisa coba cek sendiri dengan mengetik keyword obat kuat. Website yang muncul pasti sedikit aneh.

Keanehan ini bisa dilihat dari kontennya. Beberapa website memiliki konten yang hanya berisi keyword tapi diulang – ulang tanpa isi yang jelas. Ada juga yang menunjukan banyak link tanpa penjelasan yang baik. Hal seperti ini adalah contoh konkrit dari Black Hat SEO.

Teknik SEO yang biasa digunakan oleh Black Hat untuk mencapai rangking tinggi antara lain Link Spam, Keyword Stuffing, Cloaking dan pengunaan link terselubung.

  • White Hat SEO

Di sisi lain, teknik SEO yang direkomendasikan oleh Google disebut juga White Hat SEO. Teknik ini mendukung pembuatan website dengan konten yang berguna bagi user. Selama user puas dan menunjukan behavior positif setelah klik link di search engine, ranking website pasti naik.

Penggunaan ini biasanya menghasilkan efek yang lebih tahan lama dibandingkan Black Hat SEO. Black Hat SEO memang lebih efektif dalam mencuri posisi atas di search engine, tapi biasanya cepat juga ketahuan dan di tindak oleh Google.

Teknik yang umum digunakan White Hat SEO antara lain adalah optimasi performa website, update konten rutin, penggunaan keyword yang tepat. Selama semua ini terpenuhi, website Anda bisa menempati ranking tinggi di search engine tanpa mudah tergeser para pesaing.

  • Hal yang Perlu Diperhatikan Seputar White Hat dan Black Hat SEO

Dari penjelasan tentang White Hat SEO dan Black Hat SEO, Anda sudah tahu bahwa Blackhat melakukan banyak jalan pintas. Hal ini tentu berefek negatif pada algoritma Google. Google sendiri sudah berusaha menghalangi perkembangan Blackhat agar user lebih bisa menikmati fitur search engine.

Algoritma SEO yang sekarang berlaku lebih condong memudahkan teknik White Hat untuk dapat rangking baik. Hal seperti merekam seberapa lama user mengunjungi website, click rate dari website dan juga informasi scroll dari user digunakan sebagai patokan. Tanpa konten yang baik dan optimasi berkualitas, ranking yang tinggi pasti sulit dicapai.

Tapi bukan berarti teknik Black SEO sudah berkurang peminatnya. Bahkan sekarang penggunaan teknik Black Hat SEO diintegrasi dengan White SEO. Penggunaan Black Hat SEO sekarang ini hanya saat awal pengembangan website saja. Saat ranking melonjak tinggi karena teknik Black Hat SEO, teknik White Hat SEO mulai digunakan. Saat tersedia kualitas konten yang baik terus menerus, tentu ranking yang dihasilkan dari teknik Black Hat SEO akan tetap tinggi dalam waktu lama.

Berbagai Manfaat SEO

Menggunakan SEO tentu ada beberapa keuntungan atau manfaatnya. Penasaran apa saja manfaat-manfaatnya? Mari kita simak lebih lanjut!

  • Ranking Kata Kunci yang Meningkat

Peluang untuk memenangkan persaingan di mesin pencarian bisa dimiliki oleh website manapun termasuk yang Anda miliki, terutama dalam hal kata kunci atau keyword. Menjalankan teknik SEO, bisa membuat peningkatan ranking kata kunci atau keyword dengan signifikan ataupun dengan cara perlahan.

Teknik SEO yang bisa Anda praktekan yaitu SEO Fundamental atau SEO On-Page dan SEO Off-Page. Teknik-teknik tersebut bisa sangat membantu website Anda dalam memberikan signal ke robot mesin pencarian untuk membuat posisi website Anda di urutan yang tertentu dengan kata kunci atau keyword yang terkait.

  • Pengunjung Website yang Meningkat

Peningkatan ranking kata kunci di website akan berpengaruh juga pada peningkatan pengunjung pada website milik Anda. Peningkatan dari pengunjung di website bisa menjadi poin untuk mengidentifikasi jika website Anda mulai berkembang. Nah, dengan adanya peningkatan tersebut, bisa memberikan dampak positif pada sektor-sektor yang lainnya.

  • Brand Awareness

Nah, setelah website Anda mengalami peningkatan ranking kata kunci dan pengunjung tentunya akan membuat situs milik Anda tersebut semakin dikenal oleh banyak orang. Apalagi jika website Anda terus dikembangkan pada arah yang positif, pastinya dapat menarik semakin banyak orang untuk lebih mengenal situs yang Anda miliki itu. Hal itu karena para pengunjung website akan merasa jika setiap konten, jasa maupun produk yang ada di dalam website memberikan manfaat-manfaat yang baik untuk mereka.

  • Website Bisa Menjadi Bahan Pertimbangan

Jika website Anda berada di halaman pertama mesin pencarian dan juga berada di peringkat teratas tentu akan menjadi bahan pertimbangan bagi banyak orang. Misalnya jika website Anda menawarkan sebuah produk atau jasa, orang-orang akan mempertimbangkan website Anda untuk dipilih. Maka dari itu, Anda perlu mengusahakan pula untuk bisa memberikan tampilan pada website yang baik dan berkualitas serta bisa memberikan informasi secara jelas, lengkap dan pada bagi semua pengunjung website.

  • Penjualan yang Meningkat

Jika Anda menerapkan SEO pada website bisnis yang dimiliki, secara tidak langsung akan memberikan manfaat yang dapat membuat bisnis semakin berkembang yaitu penjualan produk atau jasa yang meningkat. Ketika kata kunci yang Anda miliki berada di halaman pertama mesin pencarian ketika orang-orang menggunakan kata kunci tersebut untuk mencari informasi lebih lanjut, maka akan semakin besar peluang orang-orang mengunjungi website Anda tersebut. Nah, dengan mendapatkan posisi yang terbaik itu akan meningkatkan pula kepercayaan masyarakat pada website Anda. Jika kepercayaan terus meningkat juga akan berpengaruh pada kredibilitas website.

  • Hemat

Manfaat yang lainnya dari menggunakan teknik SEO adalah hemat biaya. Dibandingkan Anda beriklan di periklanan online seperti Google Ads, Facebook Ads dan lain sebagainya, menjalankan teknik SEO lebih murah biayanya. SEO bisa membuat sebuah kata kunci bertahan di peringkat atau posisi atas dengan lebih lama. Berbeda sekali dengan sistem iklan yang tayang jika Anda masih memiliki budget untuk memasangnya. Namun, memang SEO dan iklan bisa digabungkan menjadi teknik pemasaran yang sangat ampuh.

  • Untuk Investasi dengan Jangka Waktu yang Panjang

SEO bisa dikatakan sebagai teknik investasi jangka panjang, terutama untuk keberlangsungan bisnis online. Hal itu karena SEO bisa berdampak sangat besar pada website Anda ke depan. Maka dari itu, Anda harus menjalankan teknik SEO yang sesuai aturan mesin pencarian.

Sekian bahasan mengenai apa itu SEO dan seberapa pentingnya untuk kebutuhan beroperasi di Internet. Bagi Anda yang berprofesi sebagai content creator dan pebisnis online, pastikan Anda sudah menerapkan teknik SEO dengan baik pada website Anda.

Banyak orang masih meremehkan aspek ini dalam dunia internet. Memang kebanyakan orang hanya sebagai penikmat internet dan tidak mau gali lebih dalam. Tapi bagi Anda yang memiliki karir, hobi dan juga interest dalam dunia internet, menggali seputaran apa itu SEO dan seberapa pentingnya SEO adalah keharusan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *