preloader

Apa Itu SERP? Serberapa Penting untuk SEO?

Apa itu SERP

Apa itu SERP? Pertanyaan ini sering kali muncul saat orang-orang baru mempelajari SEO (Search Engine Optimization). Bisa dibilang, SEO dan SERP adalah dua istilah yang saling berhubungan, bahkan tak dapat dipisahkan. Jika Anda kebetulan sedang mencari konten terkait apa itu SERP dan seberapa pentingya untuk SEO, simak artikel ini untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

SERP dan Fungsi Utamanya

Sekitar 75,1% klik yang berlangsung di laman hasil pencarian berasal dari tiga konten teratas. Selain itu, peluang website atau media sosial yang muncul di laman pertama untuk diakses para pengguna internet bisa mencapai 95%. Fakta-fakta ini dianggap menguntungkan bagi content creator hingga pebisnis yang memerlukan trafik tinggi yang mempengaruhi exposure serta profit mereka.

Sebelum mengaplikasikan metode dan strategi, dalam hal ini Anda harus mengenal dulu definisi SERP dan fungsinya. Apa itu SERP? SERP merupakan singkatan Search Engine Result Page, istilah ini merujuk pada daftar halaman yang ditampilkan mesin pencari (search engine) terhadap kata kunci (query) tertentu.

Sejauh ini, Google masih menjadi mesin pencari yang difavoritkan dalam pengaturan SERP mengingat tingginya pengguna yang memakainya. Google dapat memperlihatkan hasil pencarian dalam jumlah ratusan hingga miliaran. Faktor ini pula yang membuat sejumlah orang memanfaatkan konten untuk pemasaran digital dan berlomba-lomba muncul di laman pertama mesin pencari tersebut.

Setelah memahami definisi “apa itu SERP”, Anda akan lebih mudah mengenali fungsinya. SERP dijadikan sebagai indikator atau tolak ukur penggunaan SEO di website atau platform sejenis. Beberapa tahun lalu, Google masih menempatkan situs berdasarkan jumlah keyword yang dimasukkan ke dalam situs. Namun, karena hasilnya kadang kurang akurat, perusahaan tersebut mengubah algoritma yang dipakai untuk menampilkan SERP.

Sekarang, Google lebih memperhatikan kualitas konten dan relevansi keyword pada sebuah website untuk menempatkannya di laman pertama pencarian. Oleh karena itu, sebagian besar situs atau platform online yang muncul di posisi-posisi teratas kini sudah menerapkan relevansi keyword guna menjangkau audiens  agar kata kunci yang diketikkan tampil di laman pencarian.

Hubungan antara SERP dengan SEO

Memperhatikan definisi SERP dan SEO di atas, seberapa penting untuk SEO? Posisi website di SERP menunjukkan hasil atau performa hasil SEO yang Anda aplikasikan. Optimasi yang tepat pun termasuk strategi ampuh yang dapat meningkatkan peluang website muncul di laman pertama hasil pencarian tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Di sisi lain, ada beberapa faktor yang memperbesar kemungkinan tersebut. Misalnya konsistensi Anda saat memilah keyword utama dan pendukung. Konten-konten yang diunggah juga harus organik dan unik agar situs web Anda lebih cepat dirayapi oleh Google. Sejumlah perusahaan atau pelaku bisnis bahkan sampai menyewa Jasa SEO untuk mencegah kesalahan fatal saat mengaplikasikan optimasi di mesin pencari.

Jadi, saat ditanya seberapa penting untuk SEO dari SERP, jawabannya jelas sangat penting. Memantau posisi website secara berkala membantu Anda melakukan evaluasi untuk merancang, memperbaiki, maupun memperbarui metode SEO untuk meningkatkan serta mempertahankan posisi situs di peringkat teratas.

Dongkrak Posisi Website agar Muncul di SERP

Merangking website, supaya muncul di SERP sebenarnya tak terlalu sulit. Begitu memahami apa itu SERP, Anda bisa dengan mudah menaikkan posisi website Anda di SERP. Untuk lebih jelasnya Anda bisa mempelajari tiga metode ini agar bisa menaikkan posisi website Anda dengan mudah:

1. Optimasi On-page SEO untuk Hasil Pencarian Organik

Terdapat sejumlah pengaturan dalam SEO yang dapat membantu Anda menghasilkan pencarian organik. Di antaranya mengoptimasi meta tag yang terdiri atas meta title (judul), meta description, hingga slug URL. Meta title yang muncul di SERP harus mampu mewakili isi konten, sementara itu meta description merupakan deskripsi singkat yang ditempatkan sebelum konten pembuka. Kemudian URL slug adalah bagian URL atau permalink yang menjadi alamat laman maupun situs.

Jika Anda yang ingin mendapatkan hasil pencarian organik Anda harus memastikan website Anda terindek dengan baik. Dengan begitu, peluang website masuk laman pertama akan lebih besar.

2. Mengandalkan Iklan Berbayar

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat website Anda lebih cepat muncul di peringkat teratas hasil pencarian adalah dengan memakai iklan berbayar. Ada banyak produk yang dapat digunakan, salah satu di antaranya adalah Google Ads.

Berbeda dengan cara sebelumnya, pada metode ini Anda akan menggunakan Search Engine Marketing (SEM) sebagai sarana beriklan, untuk memenangkan bidding dari kompetitor, agar bisa dengan mudah muncul di posisi pertama SERP.

Anda harus mengeluarkan biaya untuk membayar iklan, apabila ada pengguna yang melakukan klik pada kampanye iklan Anda. Hal ini pula yang membuat kampanye iklan berbayar kurang disarankan untuk pebisnis dengan budget terbatas.

3. Memanfaatkan Fitur Google

Anda yang sedang mendalami apa itu SERP akan berkenalan juga dengan fitur-fiturnya. Google menyediakan fitur ini untuk membantu memudahkan Anda dalam merangking website Anda ke SERP. Adapun fitur-fitur SERP yang bisa diandalkan, antara lain:

  • Featured Snippet

Mengikuti namanya, featured snippet akan memperlihatkan cuplikan konten dari website yang dianggap relevan dengan keyword yang dicari oleh pengguna internet. Dengan cara kerja dari featured snippet, cuplikan konten tersebut akan muncul pencarian teratas yang membuatnya kerap disebut sebagai ranking 0. Ada tiga format featured snippet yang bisa Anda pilih, antara lain list / daftar, paragraf, serta tabel. Belakangan ada pula cuplikan konten yang ditampilkan dalam format video.

Namun, untuk memakai featured snippet, website yang Anda kelola harus ada di posisi lima besar SERP. Selain itu, situs tersebut harus memiliki struktur artikel yang SEO friendly dan rapi, sehingga mudah dipahami Google dan mereka akan merekomendasikan konten Anda sebagai featured snippet.

  • Rich Snippet

Berikutnya ada rich snippet, yakni cuplikan versi lengkap yang muncul dari hasil pencarian organik biasa. Bukan hanya berisi informasi standar yang nantinya ditampilkan, melainkan juga ulasan-ulasan terkait yang membuat situs Anda lebih menonjol saat disandingkan dengan kompetitor di SERP.

Keuntungan lain yang akan Anda peroleh dari penggunaan rich snippet adalah peluang menerima jumlah klik yang melimpah dari pengunjung yang mampir ke website Anda. Namun, perlu Anda ketahui bahwa pengunaan rich snippet juga tetap bergantung pada kualitas konten yang diunggah ke website Anda.

  • Knowledge Panel

Fitur yang terakhir adalah knowledge panel, fitur ini akan mengeluarkan informasi utama berdasarkan keyword yang dimasukkan oleh pengguna. Jika dilihat dari mobile device seperti smartphone, knowledge panel akan diletakkan di posisi paling atas. Sementara itu, apabila diakses dari versi desktop melalui PC atau laptop, fitur tersebut akan muncul di bagian kanan layar.

Konten-konten yang termuat dalam knowledge panel beradal dari sumber kredibel atau tepercaya. Pengguna pun dapat mengakses tautan-tautan yang disertakan agar bisa mengakses website atau platform penunjang seperti media sosial dan blog.

Itulah informasi seputar definisi apa itu SERP dan fungsi-fungsinya, yang mempengaruhi seberapa penting untuk SEO. Mudah-mudahan artikel ini dapat membantu Anda dalam memaksimalkan optimasi posisi website di laman pencarian.

Related Post

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *