preloader

Mengenal Apa Itu Whois Privacy Protection

Apa Itu Whois Privacy Protection

Belajar tentang dunia teknologi informasi bukanlah perkara yang mudah untuk dilakukan. Apalagi ada banyak informasi yang harus kita semua ketahui.

Bagi Anda yang mungkin senang dalam dunia internet, menulis blog, membuat website dan lainnya pasti mengetahui apa itu Whois Privacy Protection.

Belajar Seputar Whois Privacy Protection

Whois Privacy Protection sendiri adalah salah satu penawaran pilihan yang biasanya diberikan oleh sejumlah penyedia hosting. Di mana hal ini akan ditawarkan ketika Anda membeli domain murah. Sebab, untuk harga dari Whois Privacy Protection ini diperkirakan hanya Rp. 45.000,- per domain, per tahunnya.

Tentunya Anda penting untuk mengetahui Whois Privacy Protection sendiri. Sebab, dengan mempelajarinya, maka Anda bisa mengetahui apa perlu membelinya atau tidak.

Apa Itu Whois Privacy Protection?

Nah, untuk langkah pertama yang harus diketahui adalah apa itu Whois Privacy Protection? Whois Privacy Protection sendiri adalah sebuah fitur tambahan penyedia domain. Fungsinya tentu melindungi seluruh informasi data pribadi yang Anda miliki.

Informasi pribadi dalam hal ini tentu pada saat Anda baru mendaftarkan domain baru, semua orang harus mengisi sejumlah informasi pada website. Tentu tujuannya ketika website tersebut melanggar hukum, maka siapapun pemiliknya bisa dilacak dan dihukum.

Nantinya informasi yang Anda miliki ini akan disimpan pada sebuah database WHOIS yang bahkan bisa diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Bahkan dengan cara ini, semua orang bisa mengetahui nama Anda, alamat rumah, nomor telepon sampai dengan email.

Pentingnya Whois Privacy Protection

Dengan menggunakan Whois Privacy Protection, tentunya seluruh data pribadi Anda bisa dijamin aman. Bahkan tidak akan ada seorang pun yang bisa mengetahuinya terkecuali pihak berwajib. Ada kelebihan lain di mana Anda tidak perlu mengaktifkan proteksi WHOIS secara manual.

Sebab, WHOIS Privacy ini akan aktif dengan otomatis apabila Anda sudah menyelesaikan pembayaran domain. Pembayaran ini bisa disesuaikan dengan di mana Anda membelinya dan juga berapa harga per domainnya sendiri.

Bahayanya jika tidak menggunakan whois privacy protection sudah dijelaskan sebelumnya bahwa betapa pentingnya untuk menggunakan whois privacy protection. Di bawah ini akan ada beberapa contoh bahaya jika Anda sendiri tidak menggunakan WHOIS Protection. Beberapa bahayanya diantaranya adalah sebagai berikut.

Semua Orang Bisa Tahu Alamat Anda

Kita tidak bisa memungkiri bahwa banyak oknum tidak bertanggung jawab yang siap kapan pun dan dimanapun untuk melakukan tindak kejahatan. Apalagi dalam dunia internet yang bisa dibilang cukup bebas untuk diakses siapa pun.

Apabila Anda adalah salah seorang pemilik website, maka orang jahat tersebut bisa melacak alamat rumah Anda dari WHOIS. Bukan hanya membahayakan Anda sendiri, bahkan keluarga Anda pun bisa berada dalam bahaya.

Menampilkan alamat rumah di WHOIS, maka sama halnya Anda memberikan kesempatan untuk oknum-oknum untuk bertindak kejahatan. Tentunya Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Maka dari itulah WHOIS Privacy Protection sangatlah penting untuk digunakan.

Data Pribadi WHOIS Menghasilkan Banyak Spam

Semua orang pastinya kesal dengan adanya pesan spam. Biasanya spam ini berisi email tentang promosi produk dan jumlahnya yang cukup banyak. Adanya spam ini membuat Anda harus menghabiskan waktu untuk menghapusnya.

Pesan spam sendiri memang biasa dikirimkan kepada siapa saja. Akan tetapi, spam yang bisa Anda dapatkan ketika memiliki website, bisa meningkat bahkan sebanyak 2 kali lipat. Hal ini disebabkan karena email dan nomor telepon Anda tercantum di WHOIS.

Dijadikan Ajang untuk Melakukan Penipuan

Anda pasti tidak asing dengan beberapa SMS seperti mama atau papa minta pulsa, promosi pinjaman online, menang hadiah tertentu, dan lainnya. Pada umumnya, penipu ini tidak mengetahui identitas Anda. Jadi, bisa dengan mudahnya untuk mengetahui jika ini adalah tipuan.

Akan tetapi, apa jadinya jika oknum tidak bertanggung jawab ini memanfaatkan identitas Anda dari WHOIS untuk menipu Anda? Masih banyak contoh lain dari tindak penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Telepon mengatakan keluarga mengalami kecelakaan, membutuhkan alamat dan KTP yang meyakinkan untuk menipu. Untuk itulah Anda memang disarankan memasang WHOIS Protection di website yang Anda miliki.

Niat Jahat dari Pesaing Bisnis

Siapa pun yang akan membangun sebuah bisnis, pasti akan melakukan riset untuk mengetahui target pasarnya sendiri. Hal ini pun akan berlaku kepada seluruh pesaing bisnis Anda dimanapun mereka berada.

Hal ini memang sengaja dilakukan oleh banyak orang untuk mengenali siapa saja pesaing mereka termasuk Anda sendiri. Karena melakukan riset pasar ini dilakukan untuk mengetahui beberapa hal. Baik itu harga, produk, kualitas dan lainnya.

Namun, hal ini tentu dilakukan oleh orang yang jujur, di mana riset pasar dilakukan dengan sesuai. Bagaimana jika riset pasar dilakukan oleh pesaing Anda bahkan dilakukan dengan jahat? Tentu akan merugikan diri Anda sendiri bukan?

Dengan menggunakan WHOIS Protection sendiri, maka bisa mencegah berbagai kejahatan yang akan muncul. Termasuk bisnis yang akan Anda jalankan nantinya.

Apakah Whois Privacy Protection Mahal?

Ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh ketika menggunakan WHOIS Protection. Anda juga mengetahui apa saja bahayanya jika tidak menggunakan WHOIS Protection sendiri. Anda tidak perlu khawatir karena harga yang ditawarkan tentu tidaklah terlalu mahal.

Anda hanya perlu membayar Rp. 45.000 per domain saja. Dengan harga yang murah ini, Anda bisa melindungi banyak hal. Baik melindungi orang-orang tersayang dari tindak penipuan, bahkan mungkin bisnis yang nantinya akan Anda jalankan.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Whois Privacy Protection?

Seluruh pemilik domain diwajibkan untuk menyertakan informasi kontak. Baik itu nama, alamat email, nomor telepon, dan beberapa hal lain yang dibutuhkan. WHOIS Privacy Protection ini nantinya dibutuhkan untuk mengamankan data Anda agar tidak bisa diakses oleh publik.

Untuk Domain Baru

Jika Anda adalah seseorang yang baru membeli domain baru, maka Anda bisa menambahkan perlindungan privasi ke keranjang. Hal ini dilakukan sebelum lanjut ke proses checkout dan pembayaran.

Untuk Domain yang Sudah Terdaftar

Jika Anda sudah memiliki domain, maka Anda tinggal membeli perlindungan privasi saja. Cara yang bisa dilakukan adalah menentukan domain yang Anda inginkan. Kemudian, Anda bisa memilih untuk mengaktifkan WHOIS Privacy.

Biasanya proses ini akan membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 12 jam. Hal ini dilakukan untuk mengupdate seluruh informasi pada WHOIS listing. Dengan harga terjangkau, data dan informasi yang Anda miliki pastinya akan sangat aman.

Itulah penjelasan tentang apa itu Whois Privacy Protection yang bisa Anda ketahui. Segala kemungkinan terburuk memang harus Anda ketahui. Di mana Anda harus mencegahnya dengan melakukan pemasangan WHOIS Privacy Protection pada website yang Anda miliki nantinya. Semoga membantu dan juga bermanfaat!

Related Post