preloader

Cara Efektif untuk Meningkatkan CTR

Cara Efektif untuk Meningkatkan CTR

CTR atau Click Through Rate sangat penting dalam sebuah website. Bagi Anda nyang ingin tahu cara meningkatkan CTR ini berikut ini ulasannya.

Kenali Status CTR Organik di Website Anda

Bagi Anda yang ingin meningkatkan CTR di halaman website Anda, maka perhatikan mengenai status CTR Anda. Pastikan Anda tahu halaman website mana yang memiliki CTR yang paling rendah. Status CTR yang paling rendah ini adalah area dimana Anda akan memulai pekerjaan Anda.

Untuk mengetahui status CTR dari halaman website Anda, Anda bisa menggunakan alat untuk melakukan analisis website Anda. Anda bisa mengunjungi Google Search Console atau bisa mengunduh aplikasi untuk melihat traffic.

Ketika Anda sudah melakukan analisis, perhatikan query yang memiliki nilai CTR yang lebih rendah dari nilai CTR rata-rata yang dimiliki oleh website Anda. Setelah mengetahui query yang mendatangkan CTR rendah, maka Anda bisa mencoba mengatasinya.

Perhatikan Keyword yang Memiliki Sifat Kanibal

Salah satu masalah yang paling besar dari sebuah website dengan CTR yang rendah adalah adanya kanibalisme dalam hal keyword. Apa yang dimaksud dengan kanibalisme keyword ini? Kanibalisme keyword adalah sebuah kondisi dimana Anda memiliki banyak posting yang memiliki konten yang terlalu mirip sehingga dalam SERP halaman website Anda akan tumpang tindih. Hal ini bisa diatasi dengan cara menggabungkan konten atau bahkan menghapus salah satu konten.

Judul yang Kreatif dapat Membantu Meningkatkan CTR

Salah satu masalah besar yang dihadapi oleh pemilik website adalah memiliki judul halaman yang buruk. Ketika judul halaman buruk, maka sulit bagi halaman website Anda untuk mendapatkan perhatian dari audiens Anda.

Hal ini disebabkan karena audience melihat dan akan memilih halaman website di SERP berdasarkan judul yang mereka lihat. Apakah judul yang mereka lihat sesuai dengan apa yang mereka inginkan dan hal lainnya.

Untuk Anda yang ingin meningkatkan kualitas judul halaman website Anda, Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara berikut.

  • Hindari Penggunaan Title Tag yang Terlalu Berat

Title tag yang terlalu berat akan membuat judul halaman Anda menjadi membosankan dan tidak memberikan banyak hasil berupa klik dari SERP meski artikel di website Anda sudah masuk ke dalam SERP. Tanpa adanya klik, lama kelamaan ranking SERP Anda akan menurun.

  • Gunakan Tanda Kurung di Halaman Website Anda

Sebuah penelitian membuktikan, penggunaan tanda kurung pada halaman website dapat meningkatkan klik hingga 40%.

  • Gunakan List Angka

Menambahkan angka pada halaman website Anda dipercaya dapat membantu meningkatkan CTR hingga 35%

  • Selalu Lakukan Testing pada Headlines Anda

Anda bisa melakukan testing headlines halaman Anda pada beberapa platform pengiklanan seperti Facebook atau menggunakan PPC Ads. Jika Anda kurang menyukainya atau merasa headline kurang optimal, maka Anda bisa menggantinya. Anda tidak perlu khawatir untuk mengganti headlines terlalu sering untuk mengetahui headlines mana yang paling menarik dan menguntungkan untuk halaman website Anda.

Menggunakan URL dengan Sifat Deskriptif

Salah satu cara meningkatkan CTR untuk halaman website Anda adalah dengan menggunakan URL yang memiliki sifat deskriptif. Menggunakan URL yang deskriptif dapat membantu meningkatkan CTR di halaman website Anda karena crawler dari search engine akan lebih mudah menemukan website Anda jika URL yang Anda miliki memiliki sifat yang mendeskripsikan.

Contohnya halaman website dengan URL “business.com/blog/5-tips-menjadi-pengusaha-sukses/” akan mendapatkan lebih banyak CTR dibandingkan dengan URL “business.com/product=sucess/7s789sd-28320/”.

Karena selain lebih disukai oleh search engine, audience Anda juga akan lebih tertarik untuk melihat URL yang lebih profesional. Bagi Anda yang sedang mengusahakan untuk mengganti URL halaman website Anda, maka Anda tetap harus memperhatikan kaidah redirect SEO.

Mengoptimasi Deskripsi

Sangat penting bagi Anda untuk melihat alasan audiens Anda untuk mengunjungi halaman website yang Anda miliki. Salah satunya adalah karena deskripsi yang relevan dengan apa yang mereka inginkan.

Ketika Anda akan membuat deskripsi halaman website Anda, pastikan Anda menggunakan kata-kata yang memiliki nilai emosional. Kata-kata yang memiliki nilai emosi ini disebut sebagai “power words” beberapa kata yang banyak digunakan sebagai “power words” ini antara lain adalah kata “rahasia” dan kata “instan”. Kata-kata ini bisa Anda gunakan untuk membuat deskripsi halaman website yang optimal.

Melakukan Optimalisasi Markup

Hal lain yang membuat Anda bisa mendapatkan lebih banyak CTR adalah dengan mengoptimalisasi markup di halaman website Anda. Schema & rich snippet merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi Anda untuk mendapatkan CTR yang tinggi.

Schema & rich snippet dapat membantu Anda untuk memberikan esensi informasi website di halaman SERP. Hal ini akan membantu website Anda tampil lebih profesional, lebih menarik dan lebih diminati. Selain itu, dengan memberikan informasi yang penting pada SERP Anda akan membuat nilai bounce rate lebih minim.

Menggunakan schema & rich snippet merupakan salah satu hal yang sangat baru dalam dunia SEO. Untuk Anda yang belum paham mengenai schema & rich snippet ini, maka sebagai contoh Anda bisa lakukan pencarian di Google sekarang. Coba lakukan pencarian dengan keyword “smartphone”, maka Anda bisa melihat beberapa rekomendasi produk smartphone dan beberapa informasi mengenai harga serta tempat Anda bisa membelinya.

Bukan hanya itu, jika Anda menggunakan keyword tersebut Anda juga mungkin melihat hasil pencarian berupa halaman website dengan rating. Rating serta harga yang tertera pada saat Anda melakukan pencarian ini bisa didapatkan oleh Google dengan penggunaan schema ini. Anda pasti juga melihatnya lebih menarik perhatian bukan?

Kenyataannya, ada lebih dari 50% penambahan CTR yang didapatkan oleh sebuah halaman website jika menerapkan schema & rich snippet pada halaman website-nya lho!

Gunakan Sentimen Negatif atau Positif

Selain memberikan informasi jelas dan juga memberikan emosi pada deskripsi dan judul halaman website Anda, menggunakan sentimen juga terbukti dapat membantu meningkatkan CTR di halaman website Anda. Untuk belajar membuat sentimen negatif atau sentimen positif yang sesuai dengan niche halaman website Anda, Anda bisa menggunakan banyak tools.

Meningkatkan Page Load Time

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk meningkatkan CTR Anda adalah dengan meningkatkan loading time pada halaman website Anda. Jika dilihat dari tampilan luar memang hal ini terkesan tidak memiliki efek untuk meningkatkan CTR organik yang dibutuhkan dalam website Anda.

Jika halaman website Anda tidak bisa loading pada saat di kunjungi oleh konsumen Anda, maka klik yang dilakukan oleh audiens Anda mungkin tidak akan terhitung. Hal ini membuat CTR tidak akan naik bukan?

Akan tetapi hal ini sedikit demi sedikit dapat memberikan efek karena masuk dalam key factor yang digunakan perangkingan oleh Google. Makin tinggi nilai key factor Anda, maka makin besar kemungkinan halaman Anda masuk SERP dan makin besar kemungkinan halaman Anda akan dikunjungi oleh audience. Inilah yang membuat cara ini menjadi cara meningkatkan CTR yang kami rekomendasikan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *