preloader

Internal Link: Panduan Lengkap untuk Maksimalkan SEO Website Anda

Internal Link: Panduan Lengkap Untuk Pemula

Internal Link: Panduan Lengkap untuk Pemula – Bagi Anda yang memiliki website atau blog tentunya ingin agar halaman di website Anda banyak dikunjungi orang. Dengan banyaknya orang yang berkunjung ke website Anda, maka inilah kesempatan untuk mendapatkan banyak keuntungan. Apalagi bagi Anda yang menggunakan website untuk menjalankan bisnis online.

Semakin banyak calon konsumen yang datang ke website Anda, maka peluang untuk mendapatkan pesanan dari penjualan produk atau jasa pun semakin tinggi. Search Engine Optimization (SEO) sendiri memang memiliki peranan yang sangat penting untuk membuat website Anda banyak diketahui dan dikunjungi.

Apa Itu Internal Link?

Keberadaan SEO sendiri tidaklah bisa dipisahkan dari internal link. Internal link adalah link dari satu halaman yang ditautkan ke halaman lainnya yang masih dalam satu website yang sama. Karena inilah yang nantinya akan membantu mesin pencarian Google dalam mengindeks website Anda serta memahami kesemua strukturnya secara baik.

Manfaat Adanya Internal Link

Sebelum Anda mengaplikasikan internal link di website, akan lebih baik jika Anda mengetahui apa saja manfaat yang bisa didapat.

1. Membuat Struktur Website Lebih Tertata

Dengan adanya internal link yang tersusun secara baik, maka konten-konten yang ada di website Anda akan lebih terstruktur. Dengan begitu konten tersebut juga lebih mudah untuk ditemukan.

2. Memudahkan Navigasi Pengunjung

Keberadaan internal link akan sangat memudahkan pengunjung di dalam menjelajahi website Anda. Pengunjung bisa menikmati penjelajahan di website dan hal ini pun menciptakan pengalaman tersendiri bagi mereka atau biasa kita sebut sebagai user experience.

Selain itu, pengunjung juga berkesempatan untuk bisa menemukan artikel-artikel lainnya yang memiliki keterkaitan dengan artikel yang sedang dibaca. Sehingga pengunjung pun dapat memperoleh referensi yang lebih banyak dan luas. Mereka akan merasakan kenyamanan dan betah untuk berlama-lama di website Anda.

3. Meningkatkan Pageview Website

Website yang baik tentunya memiliki pageview yang tinggi. Di mana pengunjung yang datang ke website akan membuka lebih dari satu halaman. Agar pengunjung bisa membuka lebih dari satu halaman, maka hal ini sangat bergantung pada kualitas konten yang Anda sajikan.

Konten yang berkualitas adalah konten yang sesuai dengan kebutuhan pengunjung dan bisa menjadi solusi dari pertanyaannya. Jika asumsi konten sudah berkualitas, maka Anda pun harus memberikan internal link di dalam postingan dalam upaya mendorong pengunjung agar membuka postingan yang lainnya. Semakin banyak internal link, maka pageview pun juga berpeluang untuk terus meningkat.

4. Mengurangi Bounce Rate

Manfaat dari internal link juga bisa untuk mengurangi bounce rate. Di mana bounce rate adalah persentase pengunjung yang meninggalkan website setelah membuka satu halaman web saja. Jika bounce rate ini semakin banyak, maka tidak akan baik untuk website Anda.

Sedangkan semakin kecil persentase dari bounce rate, maka ini akan sangat baik untuk website Anda. Keberadaan internal link lah yang mampu untuk mengurangi bounce rate. Karena nantinya pengunjung akan membaca artikel lainnya dan tetap berinteraksi dengan website Anda lebih lama.

Jumlah Internal Link yang Ideal dalam Satu Halaman Artikel

Adanya internal link di dalam website sangatlah diperlukan. Diketahui sebelumnya, bahwa semakin banyak, maka pageview juga akan mengalami peningkatan. Namun, berapakah sebenarnya jumlah yang ideal untuk Anda gunakan?

Anda diperbolehkan untuk memberi banyak internal link. Namun, Anda juga harus memastikan bahwa setiap link yang diberikan adalah cara yang bisa mendistribusikan halaman lain. Di mana link tersebut memiliki keterkaitan yang erat dengan pembahasan yang ada saat ini.

Setiap pemilik website memiliki aturan masing-masing di dalam menentukan berapa banyak link yang akan diberikan. Namun, usahakan agar link yang Anda berikan bisa membantu pembaca di dalam mendapatkan informasi yang lengkap dan sesuai dengan topik yang dibahas.

Sebuah artikel yang baik dan kuat adalah artikel yang mampu untuk menavigasikan penggunanya. Sehingga, dalam pemberian jumlah link ini Anda harus memperhatikan tujuannya serta user experience. Jika Anda rasa dengan memberi link yang banyak bisa membantu, maka berikanlah link yang banyak. Tetapi jika tidak, maka Anda tidak perlu untuk memasukkan link tersebut.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Optimasi Internal Link

Agar internal link yang Anda berikan bisa mengoptimalkan SEO, maka berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

  • Membuat Konten Dalam Jumlah Besar

Setiap halaman baru yang Anda buat, hal tersebut memiliki poin halaman dasar. Sehingga, semakin banyak artikel yang Anda buat, maka semakin banyak juga poin yang bisa didapat oleh website Anda. Bukan hanya sekedar banyak konten, tetapi konten tersebut juga haruslah berkualitas. Hal inilah yang akan meningkatkan poin di website Anda.

Dengan begitu, jika Anda ingin mengoptimasi internal link, maka buatlah konten sebanyak mungkin. Semakin banyak konten, maka akan banyak juga internal link yang Anda berikan. Dalam usaha ini, Anda tetap harus bersabar. Karena agar website Anda bisa menghasilkan, maka diperlukanlah waktu.

  • Mengutamakan Teks Link

Anda direkomendasikan untuk membuat link dalam bentuk teks. Jika Anda membuat link di menu header atau di dalam sidebar, maka teks jangkar (anchor text) yang singkat bisa Anda gunakan atau dengan keyword yang Anda targetkan untuk halaman yang dituju.

Namun, jika Anda memberikan link di dalam suatu artikel, akan lebih baik untuk dilakukan secara alami. Anda bisa memfokuskan satu kalimat atau pun beberapa kata yang panjang untuk kemudian Anda jadikan sebagai link.

  • Menargetkan Kedalaman Laman

Memberikan link untuk halaman-halaman pendukung diketahui akan memberikan manfaat untuk website Anda. Namun, hal yang sering terjadi adalah pemberian internal link menuju home page pada artikel. Sedangkan pada link homepage sudah ada di dalam menu header.

Ketika Anda melakukan optimasi, maka Anda akan melihat bahwa artikel yang memiliki banyak internal link dan sifatnya seperti halaman index, maka hal ini akan lebih mudah untuk dioptimasi. Namun, pastikan halaman yang dioptimasi tersebut adalah halaman yang penting di website Anda dengan memasang tautannya di sidebar.

  • Berikan Internal Link yang Relevan

Di dalam penerapannya hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah memberikan internal link yang relevan. Karena tidak sedikit dari website yang memberikan internal link-nya secara tidak relevan.

Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut bisa dengan membatasi jumlah sitewide link di bagian sidebar atau header. Kemudian maksimalkan link yang ada di dalam konten jika diketahui ada halaman lain yang dirasa relevan untuk diberi tautan.

Untuk bisa memastikan bahwa hasil dari SEO Anda benar-benar maksimal, maka Anda membutuhkan usaha yang tidak sederhana untuk dilakukan. Dengan menggunakan internal link, ini bisa menjadi upaya agar website Anda bisa mendapatkan rangking teratas Google dan banyak pengunjung yang datang ke website Anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *