preloader

Tingkatkan Profit Bisnis Online Anda dengan 5 Jenis Iklan Google Ads Ini

Jenis Iklan Google Ads

Bagi Anda yang saat ini tengah menjalankan bisnis online dengan metode promosi iklan, maka, alangkah baiknya Anda harus memahami jenis iklan Google Ads untuk kemajuan bisnis Anda. Google Ads merupakan layanan beriklan dari Google dimana iklan kita inilah yang akan ditampilkan kepada calon konsumen yang ada kemungkinan menaruh minat terhadap produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Melalui media promosi iklan Google ads ini, Anda bahkan juga berkesempatan untuk mengetahui siapa saja yang sudah mengakses iklan tersebut melalui dashboard Google Ads. Layanan promosi iklan Google Ads akan sangat membantu Anda yang sedang mengiklankan produk maupun jasa agar bisa diletakkan di tempat yang bisa dijangkau oleh setiap calon konsumen. Dan tentunya sesuai dengan keyword yang dicari oleh para calon konsumen melalui mesin telusur Google.

Keuntungan Menggunakan Google Ads

Jika Anda menggunakan layanan iklan Google Ads di dalam menjalankan suatu bisnis online, maka berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

1. Website Berada Di Urutan Teratas

Setiap pemilik website tentunya mengharapkan agar website-nya bisa berada di urutan teratas dalam pencarian Google. Di mana hal ini akan mempermudah pengunjung untuk menemukan website Anda tanpa harus membuka halaman-halaman berikutnya.

Ini akan menjadi kesempatan Anda untuk mendapatkan kenaikan pengunjung. Jika Anda menggunakan Google Ads, ketika ada pengguna internet yang mengetikkan keyword sesuai target, maka secara otomatis iklan yang Anda targetkan akan muncul.

2. Peningkatan Traffic dan Lebih Tertarget

Dengan Google Ads Anda berkesempatan mendapatkan peningkatan dari segi traffic, hal ini dikarenakan iklan yang dipasang akan tampil di semua platform website maupun blog yang sudah terdaftar sebagai mitra Google AdSense Publisher. Keuntungan lain yang didapat ketika beriklan menggunakan Google Ads adalah diberikan kebebasan di dalam menggunakan keyword komersial tanpa adanya batasan.

Jadi, website dari bisnis Anda nantinya hanya akan dilihat oleh mereka yang akan menjadi konsumen baru Anda. Sistem dari penggunaan Google Ads ini adalah dengan menarik pengunjung dengan perhitungan Pay Per Click yang kemudian akan dikonversikan ke pengunjung akan harga setiap klik-nya.

3. Mampu Tingkatkan Brand Awareness

Jika website Anda lebih sering muncul di pencarian Google yang paling atas, maka dengan seiring berjalannya waktu akan meningkatkan brand awareness terhadap pengguna Google. Alhasil, produk maupun jasa yang Anda tawarkan akan lebih banyak dikenal orang.

Tentunya ini menjadi kabar terbaik untuk perkembangan bisnis Anda. Apalagi ada banyak jenis iklan google ads yang harus anda ketahui. Sehingga lebih memudahkan Anda untuk memilihnya.

4. Memudahkan dalam Mengukur Kesuksesan Bisnis

Jika ada orang yang meng-klik iklan Anda, maka dengan menggunakan Google Ads bisa langsung memberitahu Anda. Apalagi jika orang yang meng-klik iklan tersebut dan juga memberikan aksinya, seperti memesan produk yang ditawarkan.

Dengan memantau iklan Anda yang sudah di-klik, hal ini bisa membantu Anda untuk mengetahui di mana Anda harus melakukan investasi. Dengan begitu, peluang Anda semakin besar untuk meningkatkan keuntungan.

Jenis Iklan Google Ads yang Harus Anda Ketahui

Untuk menjalankan bisnis online Anda dan berusaha untuk terus mengembangkan bisnis tersebut, maka ada banyak jenis iklan Google ads yang bisa Anda gunakan. Tentunya setiap iklan tersebut sangatlah mendukung di dalam aktivitas bisnis Anda dan akan memberikan keuntungan tersendiri.

Bahkan jenis iklan yang tersedia bisa disesuaikan dengan budget Anda yang sudah disediakan. Jadi, Anda pun tidak akan terbebani dengan menggunakan iklan Google Ads. Berikut adalah beberapa jenis iklan google ads yang harus anda ketahui.

  • Google AdWords

Google AdWords adalah layanan iklan berbayar dimana iklan yang Anda kampanyekan akan ditampilkan pada halaman pencarian Google. Jika keyword yang diketikkan relevan, maka iklan Anda pun secara otomatis akan muncul. Dengan menggunakan Googel AdWords ini, maka iklan Anda sudah pasti akan dilihat oleh banyak orang. Bahkan Anda juga bisa menentukan siapa saja target yang spesifik.

Lalu dari segi biaya, Anda tidak perlu khawatir karena bisa mengatur sendiri estimasi dari biaya yang akan dikeluarkan. Selain harga yang terjangkau, Anda juga bisa menggunakannya secara mudah tanpa harus mempelajarinya lama-lama. Dengan begitu, bisnis Anda pun akan semakin cepat mendapatkan progres.

  • Google Shopping

Selanjutnya ada Google Shopping yang mampu untuk menampilkan informasi dari produk Anda secara lebih detail. Di mana Anda tidak hanya bisa menampilkan gambar dan nama produknya saja, tetapi juga menampilkan harga serta link untuk menuju ke toko online-nya. Pastinya ini akan lebih memudahkan konsumen di dalam menentukan produk yang akan dibeli.

Penggunaan Google Shopping ini dinilai sangat baik untuk meningkatkan conversion rate. Hal ini karena transaksi penjualan yang dilakukan tergolong mudah. Sama seperti Google AdWords, dari sisi biaya juga bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Jadi, jika Anda berminat menggunakannya, maka segeralah untuk membuat akun Google Merchant Center terlebih dahulu.

  • Google Display Network

Jika Anda pernah melihat iklan yang muncul di mobile games, maka iklan yang Anda lihat itu adalah iklan dari Google Display Wetwork. Google Display Network atau yang biasa disingkat GDN ini adalah jenis iklan yang berupa teks atau gambar yang nantinya bisa ditampilkan di website, aplikasi, serta mobile games.

Dengan menggunakan jenis iklan Google Ads ini, Anda bisa meningkatkan brand awareness, karena diketahui bahwa GDN ini bisa menjangkau pengguna internet hingga 90%. Tentunya ini adalah persentase yang cukup tinggi. Dengan begitu, iklan Anda pun berpeluang besar untuk di-klik. Apalagi didukung dengan iklan visual yang bisa menarik dan membuat audiens penasaran.

  • YouTube Ads

Jenis iklan Google Ads yang harus anda ketahui selanjutnya adalah YouTube Ads. Iklan melalui YouTube Ads ini juga sangat populer. Di mana Anda bisa menampilkan iklan dengan format gambar, teks, dan juga video. Apalagi diketahui bahwa pengguna YouTube sangatlah banyak. Sehingga ketika beriklan di YouTube, maka lebih besar peluangnya untuk brand Anda diketahui banyak orang.

YouTube Ads ini memiliki beberapa tipe iklan yang disediakan, seperti tipe iklan Skippable in-Stream Ads (jenis iklan yang dapat diskip), Discovery Ads (jenis iklan yang bisa muncul di halaman hasil pencarian), serta iklan Non-video Ads dengan format yang berupa teks atau gambar.

  • Google AdMob

Google AdMob ini akan membantu Anda untuk mengiklankan produk melalui aplikasi selular. Hal ini sesuai dengan perkataan AdMob sendiri yang merupakan singkatan dari advertising on mobile. Dengan menggunakan Google AdMob, maka iklan Anda nantinya akan muncul di aplikasi selular yang sedang digunakan oleh pengguna.

Istimewanya dari layanan Google AdMob ini sangat mendukung beberapa sistem operasi, seperti andorid, WebOS, iOS, dan Windows Phone. Anda juga bisa melakukan penawaran harga melalui fitur Open Bidding untuk kemudian bisa memperoleh harga yang disesuaikan dengan budget yang sudah disediakan.

Fitur lainnya yang bisa Anda gunakan di Google AdMob adalah Audience Builder untuk membuat daftar orang yang potensial berdasarkan pada perilaku orang saat menggunakan aplikasinya. Kemudian fitur AdMob Native Ads yang memungkinkan Anda untuk mendapat akses dalam menampilkan native ads di aplikasi dari para pengiklan Google.

Melalui jenis iklan google ads ini, kini Anda pun bisa memilih jenis iklan Google Ads mana yang cocok dan akan digunakan. Karena semuanya sangatlah mendukung proses promosi produk maupun jasa Anda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang disediakan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *