preloader

Long Tail Keyword: Teknik Jitu untuk Meningkatkan Traffic Website

Long Tail Keyword: Teknik Jitu untuk Meningkatkan Traffic Website

Long tail keyword ini cukup banyak digunakan oleh para pemilik website karena diyakini lebih tepat sasaran. Dikarenakan keyword ini mampu untuk menargetkan keyword yang sangat spesifik. Sehingga, besar peluangnya agar keyword yang Anda gunakan dapat memberikan hasil pencarian sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna internet.

Apa Itu Long Tail Keyword?

Tidak sedikit orang yang ketika mendengar long tail keyword akan berpikiran bahwa keyword yang diberikan terdiri dari banyak kata. Namun, hal tersebut tidaklah seperti dalam bayangan Anda. Long tail keyword adalah kata kunci turunan dari kata kunci short tail keyword.

Di mana keyword ini sifatnya lebih spesifik, tertarget, serta memiliki tingkat persaingan kata kunci yang lebih rendah ketika digunakan dalam mesin pencarian. Jumlah kata di dalam long tail keyword cukup bervariasi. Ada yang dua kata saja asalkan bisa spesifik dan memiliki tingkat persaingan yang rendah. Atau terdiri dari empat kata atau lebih. Misalnya saja seperti, “cara meningkatkan traffic website”.

Bahkan seorang pakar Search Engine Optimization (SEO), Neil Patel pernah mengatakan bahwa jika situs website Anda menjual suatu produk atau layanan, maka frasa kata kunci yang lebih rinci mampu untuk meningkatkan rasio konversi mencapai 250%.

Jika Anda mengembangkan strategi marketing konten dalam upaya untuk meningkatkan lalu lintas dari konsumen Google, maka Anda harus memfokuskan pada pembuatan konten dengan kata kunci yang berekor panjang.

Keuntungan Menggunakan Long Tail Keyword

Dengan menggunakan long tail keyword di website Anda, maka inilah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

1. Lebih Kompetitif

Menggunakan long tail keyword di dalam website Anda tergolong lebih kompetitif. Di mana Anda berkesempatan untuk mendapatkan ranking yang tertinggi di mesin pencarian Google dengan lebih mudah. Ketika website Anda bisa berada di rangking yang tinggi, maka lalu lintas akan berdatangan secara otomatis.

Tentu saja inilah yang selalu diharapkan oleh para pengelola website. Saat banyak orang yang berdatangan ke website Anda, maka ini juga menjadi kesempatan untuk bisa mendapatkan profit.

2. Meningkatkan Traffic dalam Jumlah Banyak

Dengan menggunakan kata kunci long tail, Anda bisa meningkatkan traffic dalam jumlah yang banyak untuk website Anda. Perlu Anda ketahui bahwa jika topik yang Anda pilih banyak terdapat kata kunci yang panjang, maka secara otomatis juga akan mendatangkan lalu lintas yang banyak.

Hal ini karena Anda tidak hanya menargetkan keyword utama di dalam topik, melainkan banyak kata. Dan situs website Anda pun akan muncul pada setiap kata kunci panjang yang ditargetkan dalam setiap pencarian.

3. Mampu untuk Meningkatkan Konversi

Diketahui sebelumnya bahwa menggunakan long tail keyword sangatlah spesifik jika dibandingkan dengan menggunakan short tail keyword. Karena diyakini bahwa orang yang mencari dengan long tail keyword adalah mereka yang sudah siap untuk memesan suatu produk. Hal ini menandakan bahwa mereka sudah lebih dekat dengan apa yang dicarinya.

Ciri-Ciri Long Tail Keyword Yang Bernilai Tinggi

Ketika Anda mencari long tail keyword, maka pastikan jika kata kunci tersebut memiliki nilai yang tinggi. Lalu, apa saja ciri-ciri dari long tail keyword yang bernilai tinggi?

1. Volume Pencarian Per Bulan Tidak 0

Long tail keyword yang bernilai tinggi memiliki volume pencarian per bulan yang tidak 0. Jika Anda menggunakan keyword yang berbahasa Inggris, maka setidaknya dalam setiap bulan terdapat pencarian di atas 880.

2. Memiliki Commercial Intent

Ciri lainnya adalah memiliki commercial intent. Di mana konsumen menggunakan kata kunci ini saat mereka sudah benar-benar siap untuk melakukan pembelian dan sudah sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

3. Persaingan Yang Mudah

Diketahui bahwa tidak semua long tail keyword mempunyai persaingan yang rendah. Namun, Anda jangan sampai memilih kata kunci yang volumenya kecil tetapi persaingannya tinggi.

Cara Mencari Long Tail Keyword

Untuk menemukan long tail keyword, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menggunakan Answer The Public

Answer The Public adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menemukan kata kunci long tail. Di mana Anda bisa mendapatkan kata kunci dengan pertanyaan yang spesifik menggunakan format 5W+1H berupa What, Where, When, Why, Who, dan How. Hal ini pun akan secara otomatis kata kunci tersebut adalah berjenis long tail keyword.

Perlu diketahui bahwa Answer The Public ini tidak disediakan dalam Bahasa Indonesia, namun dengan menggunakannya bisa memberikan hasil yang akurat. Bagi Anda yang akan menggunakan Answer The Public ini juga tidaklah sulit. Cukup memasukkan kata kunci utama yang bervolume tinggi dengan menggunakan Bahasa Inggris, lalu klik “Search”.

2. Menggunakan “Penelusuran yang terkait dengan…”

Anda bisa memanfaatkan mesin pencarian Google untuk mencari long tail keyword di bagian “Penelusuran yang terkait dengan…”. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu memasukkan kata kunci diinginkan, kamudian scroll ke bawah.

3. Menggunakan Google Autocomplete

Google menyediakan beragam fitur yang menarik yang bermanfaat, salah satunya fitur Autocomplete. Fitur ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan long tail keyword yang asalnya dari Google langsung. Dalam artian, kata-kata itulah yang banyak dicari orang saat menggunakan mesin pencarian Google.

4. Menggunakan Soovle

Soovle ini akan membantu Anda untuk menemukan beragam kata kunci yang sulit untuk ditemukan dengan menggunakan tools keyword lainnya. Keyword tool yang gratis ini mampu untuk mengumpulkan banyak kata kunci yang berasal dari Google, Yahoo, Amazon, Wikipedia, Answer.com, Bing, dan YouTube.

Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu mengunjungi website-nya. Kemudian masukkan kata kunci di kota pencarian sebanyak satu kata saja. Anda pun akan disajikan dengan banyak pilihan kata kunci.

5. Mengunjungi Komunitas Online

Untuk mendapatkan long tail keyword, Anda bisa mengunjungi beberapa komunitas online yang ada. Misalnya seperti Facebook, Kaskus, dan Quora. Di tempat inilah terdapat banyak orang dari seluruh dunia yang melakukan aktivitas tanya jawab tentang topik-topik tertentu.

Jadi, untuk meningkatkan traffic di website Anda, maka gunakanlah long tail keyword sekarang juga. Keyword ini akan sangat membantu Anda dalam mengatasi persaingan yang besar di mesin pencarian. Sehingga cara ini lebih cepat untuk membawa website Anda mencapai ranking teratas dan mendapat traffic secara organik di Google.

Related Post

1 Comment

  • Zul Fahmi December 18, 2020

    Inilah yang lagi aku cariin, terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *