preloader

Link Building: Panduan Lengkap untuk Pemula

Link Building: Panduan Lengkap untuk Pemula

Proses untuk menuju peringkat teratas Google tidak terlepas dari peran link building. Backlink adalah usaha untuk bisa mendapatkan link dari website lain yang bisa mengarahkan menuju website Anda.

Link seperti inilah yang lebih populer Anda dengar dengan sebutan backlink. Setiap website akan mengusahakan untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas dengan kriteria kredibel, berasal dari website yang relevan, dan memiliki traffic yang stabil.

Penggunaan backlink yang tidak berkualitas ini akan sangat berbahaya dan mendatangkan kerugian untuk website Anda. Di mana website Anda berisiko untuk hilang dari hasil pencarian Google tanpa Anda ketahui kapan akan kembali lagi. Oleh karena itu, di dalam melakukan backlink haruslah dilakukan secara tepat agar website Anda bisa terus ada di dalam pencarian.

Jenis-Jenis Link Building

Untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas, maka penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis dari link bulding yang harus Anda lakukan dan mana yang harus ditinggalkan.

1. Link Building Natural

Backlink inilah yang banyak diinginkan oleh setiap pemilik website sekaligus menjadi link building yang terbaik. Orang yang tanpa harus dipaksa untuk menyukai website Anda menandakan bahwa orang tersebut memiliki alasan yang istimewa. Backlink natural dapat terjadi ketika ada orang yang membahas tentang website Anda karena bisa menjadi referensi tambahan untuk suatu konten.

Kemudian orang lain yang memasukkan link dari konten Anda karena menjadi referensi yang kredibel. Lalu memasukkan website Anda untuk membuat suatu infografis.

Untuk membuat agar orang lain suka dengan website ini memanglah tidak mudah dan membutuhkan waktu. Karena Anda perlu untuk menyajikan konten-konten yang menarik, berkualitas, kekinian, dan lengkap. Backlink jenis inilah yang memiliki peluang besar untuk bisa mencapai posisi teratas dalam pencarian Google.

2. Link Building Outreach

Link building outrech adalah jenis link yang banyak dilakukan oleh pemilik website. Di mana Anda harus menghubungi pemilik website terlebih dahulu untuk meminta mereka agar memasang link Anda. Praktik ini banyak dilakukan oleh website-website yang masih baru dan sedang berusaha untuk mengembangkan website-nya.

Namun, untuk mengajukan permintaan agar link Anda dipasang harus disertai dengan alasan yang tepat dan memastikan bahwa ada manfaat yang bisa mereka dapatkan. Karena tentu saja orang yang Anda minta tersebut tidak ingin memasang link begitu saja tanpa adanya timbal balik yang bisa diperoleh.

Pemilik website yang Anda tuju pun juga harus memiliki keterkaitan dngan konten yang Anda buat. Hal ini untuk memudahkan pengunjung dan tidak membuat mereka bingung.

3. Link Building Sesat

Jenis link yang harus Anda hindari adalah backlink sesat. Inilah jenis link yang bisa membuat website Anda tidak muncul di dalam pencarian Google. Karena konten yang diberikan di website seakan-akan adalah konten yang penting, namun pada kenyataannya tidaklah penting. Sehingga ini sama saja dengan tindak penipuan dan Google sangat melarang keras.

Peranan Penting Backlink untuk SEO

Search Engine Optimization (SEO) menjadi bagian yang sangat penting dan wajib Anda lakukan jika website Anda ingin berada di posisi yang terbaik dalam pencarian Google. Oleh karena itu, penting juga untuk membangun tautan yang berkualitas tinggi dalam upaya memaksimalkan website Anda.

Secara praktik, melakukan link building tidaklah sesederhana dengan mengumpulkan link yang masuk sebanyak-banyaknya. Tetapi juga harus memperhatikan kualitas dari backlink-nya. Di dalam SEO sendiri, kualitas dari link mampu untuk mengalahkan kuantitas.

Diketahui bahwa setiap website memiliki citra yang berbeda-beda di pandangan mesin pencarian. Link yang berasal dari website dengan citra buruk, tentu saja akan membuat posisinya menjadi menurun. Karena mesin pencarian akan selalu memperioritaskan link yang benar-benar natural.

Trik untuk Melakukan Link Building

Untuk melakukan link building, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan. Berikut adalah beberapa trik yang bisa diaplikasikan.

1. Melakukan Link Building Dari Konten

Tujuan dari trik ini adalah untuk membuat website Anda sebagai acuan sebab konten memiliki kualitas yang bagus. Dengan begitu, orang lain pun akan tertarik dan dengan senang hati untuk memasang link Anda karena memandang bahwa website tersebut kredibel dan menyajikan sumber secara lengkap. Oleh karena itu, konten-konten yang Anda ciptakan juga harus dijamin kualitasnya dan jangan sampai memiliki kemiripan dengan website yang lain.

Untuk membuat konten yang berkualitas tinggi memang tidaklah mudah dan membutuhkan waktu relatif lama. Sehingga Anda pun harus bersabar untuk bisa mendapatkan hasil yang benar-benar memuaskan dan mampu mencapai posisi tertinggi di pencarian Google.

2. Ego Bait

Backlink berupa Ego Bait ini bertujuan agar orang lain terpuja dan secara suka rela mau untuk memasang link Anda di website-nya. Karena sesuai dengan namanya sendiri, yakni Ego Bait yang berupaya untuk memancing ego orang lain. Seperti diketahui bersama bahwa manusia sangatlah suka jika mendapatkan pujian. Sehingga trik yang melibatkan psikologi manusia ini dinilai ampuh untuk diterapkan.

Cara yang bisa Anda lakukan seperti melakukan wawancara tunggal dengan menjadikan orang yang Anda wawancarai sebagai fokus utama. Hal ini membuatnya sebagai orang yang sangat penting. Kemudian dengan wawancara grup dengan menyebar pertanyaan ke semua narasumber Anda.

Lalu menggunakan Ego Bait Listicle, yang mana Anda memasukkan orang-orang tersebut ke dalam daftar. Ini bertujuan agar mereka merasa bangga karena sudah dianggap menjadi bagian orang yang cocok masuk ke dalam daftar tersebut.

3. Guest Blogging

Backlink ini banyak dilakukan oleh para pemilik website. Caranya adalah dengan Anda menjadi tamu di website milik orang lain dan menulis artikel untuk diposting di website lain tersebut. Di dalam artikel itu Anda turut memasukkan link yang mengarahkan untuk menuju ke website Anda sendiri.

Namun perlu untuk diperhatikan, meskipun Anda menulis artikel untuk website lain, artikel yang Anda tulis haruslah berkualitas. Karena tidak sedikit orang yang menyalahgunakan cara ini dengan membuat artikel yang asal-asalan demi mendapatkan backlink saja. Risikonya Google pun akan menghukum tindakan ini.

4. Broken Link Building

Broken Link Building adalah trik dengan tujuan untuk membantu pemilik website di dalam membenahi link yang rusak atau broken link yang ada. Caranya adalah dengan Anda melakukan riset ke website yang relevan terlebih dahulu. Kemudian jika Anda mendapati link yang rusak, Anda bisa mengeceknya apakah sudah ada artikel yang membahas mengenai link tersebu atau belum.

Jika belum, maka Anda bisa membuat artikel khusus yang membahas tentang link rusak tersebut jika dirasa masih relevan. Kemudian Anda bisa menghubungi pemilik website untuk melakukan penggantian link yang rusak dengan link milik Anda.

Menyadari bahwa backlink itu sangatlah penting untuk posisi website Anda di pencarian Google, maka pastikan jika backlink yang Anda dapatkan haruslah terjamin kualitasnya. Hindari melakukan cara-cara yang bisa membuat Google memberikan hukuman untuk website Anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *