preloader

SEO Off-Page: Panduan Lengkap bagi Pemula

SEO Off-Page: Panduan Lengkap bagi Pemula

SEO off-page: panduan lengkap bagi pemula berikut dapat diterapkan pada blog maupun website untuk meningkatkan peringkat situs. SEO adalah strategi yang digunakan untuk mengoptimalkan mesin telusur guna menampilkan situs Anda dalam waktu singkat sehingga peringkat situs meningkat. Penjelasan lengkapnya dapat disimak pada uraian berikut ini.

Apa Itu SEO Off-Page?

SEO off-page adalah aktivitas yang dilakukan untuk mengoptimalkan situs dari luar. Sederhananya, Anda mempromosikan website dengan membangun backlink yang berkualitas. Biasanya SEO off-page akan maksimal kinerja apabila SEO on-page berhasil di-setting dengan baik di dalam halaman web.

Apabila SEO on-page situs yang satu bernilai sama dengan situs lainnya maka yang menjadi perbandingan adalah SEO off-page. Oleh karena itu pemilik situs harus cerdas menerapkan SEO off-page guna bersaing dengan situs lainnya. Dengan begitu mesin telusur akan meletakkan situs Anda pada bagian paling atas dari hasil pencarian.

Gambaran mengenai cara kerja SEO off-page juga bisa dipahami seperti berikut. Jadi, apabila situs Anda telah dilengkapi dengan SEO off-page, maka mesin telusur akan mendapatkan informasi bahwa situs Anda lebih baik dan penting bagi orang lain. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya perbincangan di web maupun media lain mengenai situs Anda.

Faktor Penting Optimasi SEO Off-Page

Saat Anda menerapkan SEO off-page, ada beberapa faktor penting yang tidak boleh diabaikan. Faktor tersebut dapat mempengaruhi kepuasan pengunjung situs.

  • Inbound Links

Anda ingin menaikkan ranking situs pada mesin telusur? Biasanya cara yang digunakan adalah dengan melihat banyaknya link yang menyarankan situs Anda. Ada pula penggunaan hyperlink yang dapat menjadi jalan pintas menuju situs Anda. Apabila ada link yang digunakan menuju situs Anda, itu berarti bahwa situs Anda berkualitas. Link yang ditujukan sebaiknya berasal dari domain berbeda.

  • Anchor Text

Seorang content writer maupun web developer tentu tidak asing lagi dengan istilah “anchor text” yang dapat menjadi “hyperlink”. Tujuan anchor text adalah untuk membantu mesin telusur dalam mengidentifikasi situs dan mengetahui keyword.

Sebelum menggunakan anchor text, ada baiknya untuk memastikan anchor text yang digunakan berisi konten dari hyperlink atau tidak. Algoritma Google versi terbaru lebih menyenangi anchor text bervariasi sehingga kemungkinan situs Anda berada di halaman pertama pencarian lebih besar.

  • Kualitas Link

Penggunaan SEO off-page dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas link. Link yang berasal dari situs populer tentu memiliki nilai yang berbeda dengan situs pemula. Kualitas link juga dibutuhkan karena dapat memunculkan situs sesuai dengan keyword pilihan. Gunakan link yang singkat namun berkualitas agar mudah diingat.

  • Kecepatan Link Building

SEO off-page mengutamakan kecepatan link building. Namun link building tidak boleh terlalu cepat karena dapat dinilai sebagai hal yang tidak wajar oleh mesin telusur. Hal tersebut akan mengakibatkan penalti terutama pada situs pemula.

Mesin telusur berkemampuan mengetahui kecepatan link building dengan baik. Apalagi jika menemukan 100 link berkualitas rendah selama seharian yang artinya situs berumur kurang dari satu bulan akan langsung dinilai sebagai tidak wajar.

Tools Optimasi SEO Off-Page

Ada berbagai alat yang dapat digunakan untuk optimasi SEO off-page, yakni:

  • UberSuggest

Anda dapat menggunakan tools SEO UberSuggest milik Niel Patel apabila ingin mengoptimasi SEO off-page. Tools ini memiliki fitur yang lumayan lengkap dan gratis. Anda dapat mengatur jumlah backlink dan melakukan hal yang serupa dengan situs kompetitor.

  • SEMRush

Bagi seorang pemula mungkin SEMRush belum terlalu dikenal, namun dalam dunia SEO tools ini merupakan brand yang bagus. Mereka memberikan layanan paket gratis dengan fitur yang lumayan memuaskan.

  • Moz

Tools SEO off-page yang lainnya adalah Moz. Layanan optimasi yang disediakan juga gratis dengan fitur lengkap dan penawaran data pengunjung yang unik. Situs Anda kemungkinan besar dapat ditemukan dengan mudah setiap hari karena Moz fokus pada strateginya. Fitur menarik Moz adalah melacak pemasaran situs dan open site explorer. Selain itu Moz juga dapat meneliti peluang keyword dan melihat kesalahan pada penjelajahan.

  • Ahrefs

Fungsi dan penyimpanan database backlink Ahrefs cukup besar. Tools ini dapat membantu untuk mengetahui seluk beluk situs Anda maupun milik kompetitor. Selain itu Anda juga bisa mengetahui cara yang digunakan guna mengungguli ranking para pesaing.

  • Majestic

Strategi SEO yang digunakan oleh Majestic adalah backlinknya yang canggih. Database yang dihasilkan juga menampilkan informasi yang rinci dari mesin pencarian. Fitur yang ditawarkan antaranya yakni media analytics.

Cara Optimasi SEO Off-Page

Apakah Anda ingin mengoptimasi situs dengan SEO off-page? Inilah beberapa cara optimasi yang dapat Anda lakukan.

  • Link Building

Link building adalah proses yang dilakukan guna mendapatkan backlink dari situs lainnya. Link yang digunakan untuk optimasi SEO off-page sedang populer. Apabila konten yang disajikan pada situs harus berkualitas, begitu pun dengan backlink.

Situs Anda akan ketinggalan jauh apabila backlink yang digunakan kurang berkualitas. Ada baiknya meskipun sedikit tetap gunakan berbagai link berkualitas. Faktor yang menentukan kualitas link adalah link yang berasal dari situs terpercaya, sesuai dengan konteks dan jumlah pengunjung.

  • Social Media

Jumlah pengguna sosial media saat ini semakin meningkat, apalagi setiap individu sudah dibekali dengan smartphone yang dapat mengakses berbagai sosial media. Jadi Anda dapat menggunakan kondisi seperti ini sebagai kesempatan untuk meningkatkan traffic pengunjung.

Jika banyak pengguna sosial media yang menemukan profil brand maka kemungkinan besar situs Anda akan sering dikunjungi. Pengguna sosial media dapat diarahkan untuk mengunjungi situs dengan cara klik profil Anda.

  • Local SEO

Penggunaan SEO lokal terus meningkat dan populer diakibatkan cepatnya koneksi internet dan banyaknya pengguna smartphone. SEO lokal ini berbeda dengan SEO umum karena hanya fokus pada hasil yang berkaitan dengan lokasi pengguna.

Selain itu hasil pencarian juga disinkronkan dengan akun Google+. Rata-rata pengguna smartphone akan mencari tahu informasi lokal, dengan begitu situs Anda akan mendapatkan kunjungan dominan dari pengguna lokal.

  • Brand Awareness

Brand awareness atau pengenalan merek sangat berpengaruh pada perilaku konsumen. Konsumen cenderung tertarik pada produk yang telah populer dalam waktu lama. Jadi Anda bisa saja memperkenalkan situs Anda terlebih dahulu. Setelah mengenal situs Anda dan populer maka pengunjung akan meningkat dengan sendirinya. Pengguna akan memilih merek yang telah dikenal terlepas dari peringkat merek tersebut, begitu pun dengan situs Anda.

Sekian penjelasan mengenai SEO off-page yang biasa digunakan pada situs, website maupun blog. Bagi Anda yang ingin menggunakan teknik SEO tersebut dapat mencari informasi lebih lanjut dan rinci agar tidak salah langkah. Semoga penjelasan di atas dapat membantu Anda memahami cara kerja dari SEO off-page.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *