preloader

SEO On-Page: Panduan Lengkap untuk Pemula

SEO On Page: Panduan Lengkap untuk Pemula

SEO on-page: panduan lengkap untuk pemula berikut diharapkan dapat membantu Anda untuk memahami seputar SEO on-page. Sebelumnya Anda pasti telah mengetahui bahwa SEO digunakan untuk meningkatkan traffic pengunjung situs, website maupun blog. Agar lebih jelas, simak uraian berikut ini!

Apa Itu SEO On-Page?

Praktik mengoptimalkan konten pada halaman situs, website maupun blog disebut dengan SEO on-page. Hal itu dilakukan agar konten situs tersebut masuk peringkat paling atas dari hasil penelusuran mesin. Fokus SEO on-page lebih tertuju pada cara pembuatan konten agar tampak SEO-friendly. Artinya Anda harus memahami SEO on-page agar mampu mengalahkan konten para kompetitor situs lainnya.

Ada beberapa bagian yang perlu dioptimalkan pada SEO on-page, yakni meta description, url title, alt text untuk gambar, tag title, internal link dan site speed. Contoh pengoptimalan bagian meta description misalnya Anda harus menyesuaikan tulisannya dengan kaidah SEO atau mengandung keyword dan tidak terlalu panjang. Konten situs Anda akan berada pada puncak hasil pencarian apabila seluruh bagian konten ditulis sesuai dengan ketentuan SEO on-page.

Sederhananya, SEO on-page adalah cara untuk menghasilkan konten berkualitas yang secara otomatis membuat pembaca senang, dengan begitu ada banyak pengunjung situs sehingga terdeteksi oleh mesin telusur.

Manfaat SEO On-Page

Penerapan SEO on-page pada konten situs Anda tentu bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan pengunjung situs. Lebih jelasnya, Anda bisa merasakan beberapa manfaat dari penggunaan SEO on-page pada konten situs.

  • Hasil Lokal

Tahukah Anda? Mesin telusur saat ini telah memiliki tren terbaru yakni hasil lokal. Hal ini dapat membantu konten situs yang mencantumkan lokasi mudah ditemukan sesuai dengan lokasi pencarian. Tindakan SEO seperti ini dapat dilakukan dengan memberikan keterangan lokasi di judul halaman untuk landing page, lokasi GEO sitemap, peta Google dan lain sebagainya.

  • Murah dan Powerfull Marketing

Seperti yang diketahui bahwa struktur halaman merupakan cara paling sesuai dalam menentukan kata kunci guna menaikkan peringkat. Oleh karena itu cara ini dianggap lebih murah dan mudah dalam hal promosi situs tanpa bantuan pihak lain, tanpa link building yang anggarannya cukup besar selama satu tahun. Anda hanya perlu menyusun strategi penulisan dengan baik dan menarik agar pengunjung situs meningkat.

  • Hemat Waktu

Teknik yang digunakan SEO on-page mudah dikendalikan dan mengikuti update terakhir dari mesin telusur. Anda tidak perlu melakukan komunikasi dengan mitra eksternal seperti blogger atau web developer. Cara inilah yang dinilai dapat menghemat waktu untuk hal penting dan teknik lainnya.

  • Lebih Baik untuk Konversi

User experience yang ada pada website merupakan faktor paling penting guna mencapai peringkat terbaik. Alhasil bila Anda mengatur untuk meningkatkan bouncing yang rendah, waktu per sesi dan lain sebagainya Anda juga akan mendapatkan peringkat tinggi.

  • Meningkatkan CTR

SEO on-page dapat dilakukan dengan meningkatkan meta description dan meta judul. Hal ini akan berhasil meningkatkan klik dari rate. Situs Anda tidak akan muncul dalam hasil penelusuran pertama saja, tapi juga dari klik yang dilakukan oleh para pengguna mesin telusur.

  • Sumber Lalu Lintas Optimal

Halaman arahan akan dioptimalkan di mana juga berpengaruh pada gambar, video serta situs Anda. Cara ini dapat menarik pengunjung dari berbagai sistem, tidak hanya Google Search Result tapi juga Google Images, Google Video bahkan Youtube.

  • Pemanfaatan Kata Kunci Long Tail

Anda dapat memanfaatkan kata kunci long tail untuk memaksimalkan hasil pencarian mesin telusur. Masukkan pengguna atau pencari dalam konten situs Anda dan sisipkan juga internal website sehingga peringkat situs berada pada tingkatan atas.

  • Kecepatan Halaman

Kecepatan halaman harus tinggi sehingga pengunjung tidak kesal. Dengan begitu peringkat tinggi bisa diperoleh oleh situs Anda dan pengalaman pengguna yang lebih juga dapat berpengaruh positif terhadap rating situs.

  • Keunikan

SEO on-page mengoptimalkan situs melalui faktor internal, salah satunya adalah keunikan konten yang disajikan. Sederhananya para pengunjung tidak mudah bosan dengan konten situs Anda apabila cara penyajiannya beda dengan situs lain. Anda perlu menerapkan meta tag yang beda, teks unik, deskripsi video dan lainnya.

Cara Optimasi SEO On-Page

  • Panjang URL

Perhatikan panjang url situs Anda agar pengunjung mudah mengingat. Panjang url situs yang ideal terdiri dari 3 sampai 5 kata. Hasil pencarian mesin telusur didominasi oleh url situs yang pendek sehingga penggunaan url yang pendek dijadikan sebagai patokan untuk optimasi SEO off-page.

  • URL Keyword

Pastikan bahwa url situs mengandung keyword sehingga mudah difilter oleh mesin telusur. Url yang baik dapat memudahkan pengunjung mengenali struktur situs Anda. Jadi, coba pertimbangkan url yang tepat sehingga dapat meningkatkan traffic pengunjung situs.

  • URL Mudah Dibaca

Anda pasti pernah menemukan url yang sulit dibaca, bukan? Hal tersebut tentu membuat kesal karena jangankan mengingat url, membacanya saja sudah terlalu sulit. Oleh karena itu usahakan penggunaan url yang mudah dibaca. Url yang mudah dibaca dapat membuat pengunjung kembali berkunjung ke situs Anda.

  • URL Relevan

Pastikan penggunaan url relevan dengan konten yang disajikan. Apabila Anda menerapkan url yang tidak relevan dengan konten, pengunjung akan kecewa. Hal inilah yang menjadi masalah besar karena situs Anda tidak akan dipercaya lagi dan perlahan pengunjung situs juga akan berkurang.

  • Judul Mengandung Keyword atau Topik Utama

Cara menerapkan SEO on-page juga dapat dilakukan dengan mencantumkan judul yang disertai keyword atau topik utama. Misalnya situs Anda berisi konten tentang obat alami, maka pada bagian judul harus ditulis seperti “Obat Alami untuk Mengatasi Jerawat”.

  • Judul dengan Kata Tambahan

Kata tambahan berfungsi sebagai keyword long tail. Jadi misalnya keyword tanaman herbal, maka Anda dapat mencantumkan judul “Obat Alami untuk Mengatasi Jerawat Secara Cepat”.

  • Tambahkan Angka Pada Judul

Penambahan angka pada bagian judul dianggap bekerja cukup baik untuk menarik pengunjung. Misalnya Anda mencantum judul “5 Obat Alami untuk Mengatasi Jerawat Secara Cepat”.

  • Judul dengan Panjang Optimal

Hindari mencantumkan judul lebih dari 60 karakter atau 20 kata. Judul sebaiknya hanya sekitar 20 – 60 karakter atau 2-20 kata. Jika lebih dari itu maka dinilai tidak menarik dan tidak dapat ditampilkan semuanya oleh mesin telusur, namun judul yang terlalu pendek pun dianggap tidak kompeten sehingga ada batasan optimal panjang judul.

  • Hindari Clickbait yang Tidak Sesuai Konten

Anda tidak dilarang menggunakan clickbait selama masih sesuai dengan konten. Beda halnya dengan clickbait yang tidak sesuai konten. Hal tersebut dapat membuat pengunjung situs kecewa karena isi konten yang berbeda dengan judul clickbaitnya.

  • Hindari Judul yang Ambigu

Cantumkan judul yang tepat dan tidak memiliki makna ganda. Pengunjung akan merasa ragu untuk klik situs Anda karena judul yang membingungkan.

Sekian penjelasan mengenai SEO on-page. Semoga panduan lengkap SEO on-page ini dapat membantu Anda.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *